Tetap Tenang dan Jangan Cemas, 7 Tips Ini Bantu Kamu Jalani Sidang Skripsi Online dengan Lancar
SerbaSerbi
COVID-19 di Indonesia

Di tengah pandemi Corona, menjalani sidang skripsi secara online merupakan salah satu kewajiban bagi mahasiswa tingkat akhir yang akan menuntaskan pendidikannya. Agar proses sidang berjalan dengan lancar, sebaiknya terapkan tujuh tips berikut ini.

WowKeren - Anjuran physical distancing yang diberlakukan untuk meminimalisir penyebaran virus Corona telah berdampak banyak hal, termasuk di bidang pendidikan. Sejumlah siswa dan mahasiswa dianjurkan untuk mengikuti pelajaran secara daring di rumah masing-masing. Tak hanya itu, mahasiswa tingkat akhir juga harus melalui sidang skripsi secara online sebagai syarat kelulusan.

Hal ini tentu tidak mudah dilakukan, terutama bagi mahasiswa yang lebih menyukai komunikasi secara langsung karena mereka bisa merasa tidak nyaman dan gugup selama sidang. Belum lagi jika koneksi internet sedang sangat buruk hingga menyebabkan penuturan materi menjadi terhambat. Sehingga bukan tidak mungkin hasil akhir dari sidang tersebut akan jauh dari yang diharapkan.

Bagi kalian yang memiliki banyak kekhawatiran sebelum menjalani sidang skripsi online, usahakan untuk tetap tenang dan jangan cemas berlebihan. Sebab ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar sidang online bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala. Penasaran apa saja itu? Berikut informasi selengkapnya.

(wk/eval)

1. Persiapkan Semua Materi yang Akan Dipaparkan dengan Baik


Persiapkan Semua Materi yang Akan Dipaparkan dengan Baik

Karena sudah berusaha keras untuk membuat proposal, melakukan penelitian dan menyusun skripsi, kamu pasti mengetahui seluk beluk skripsimu dengan baik. Sehingga yang perlu kamu lakukan berikutnya adalah mempersiapkan materi yang akan dipaparkan dengan sebaik mungkin.

Pasalnya saat sidang berlangsung, kamu mungkin perlu melihat lagi materi skripsi beserta referensi yang kamu gunakan. Siapkan skripsimu dalam satu gadget khusus atau cetak saja skripsi tersebut untuk memudahkanmu menjawab beberapa pertanyaan dosen penguji. Tapi ingat, usahakan untuk senatural mungkin agar tidak terlalu kentara saat melirik jawaban yang telah kamu siapkan.

2. Sempatkan Berlatih Sebelum Hari H


Sempatkan Berlatih Sebelum Hari H

Sebelum hari H, usahakan untuk berlatih sidang sesering mungkin. Langkah ini sangat diperlukan untuk melatih cara bicara dan bahasa tubuh agar tidak terlihat kaku maupun gugup saat berhadapan dengan dosen penguji nantinya.

Untuk melakukannya, kamu bisa meminta bantuan teman yang telah sidang skripsi terlebih dahulu. Minta mereka untuk menjadi dosen penguji yang akan menanyakanmu beberapa pertanyaan yang biasa ditanyakan saat sidang. Usahakan untuk berlatih sesering mungkin sampai kamu tidak merasa canggung atau panik. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih percaya diri dan tidak gugup saat berhadapan dengan dosen penguji sesungguhnya.

3. Pastikan Semua Peralatan dan Internet Berfungsi dengan Baik


Pastikan Semua Peralatan dan Internet Berfungsi dengan Baik

Tips berikutnya yang harus diperhatikan adalah terkait persiapan teknis. Karena dilakukan secara online, kamu pasti akan membutuhkan PC atau laptop serta koneksi internet yang stabil. Pastikan PC atau laptop yang kamu gunakan dapat berfungsi dengan baik, mulai dari bagian audio hingga kameranya. Apabila kamu menggunakan headset, pastikan alat itu bisa bekerja dengan baik agar tidak mengganggu jalannya sidang.

Selain itu, usahakan untuk menggunakan provider dengan sinyal kuat yang sesuai dengan lingkungan rumahmu. Jangan biarkan koneksi internet yang lambat menjadi penghalang bahkan penyebab gagalnya sidang skripsi yang kamu jalani. Yang tak kalah penting untuk diperhatikan, pastikan kamu terhindar dari pemadaman listrik bergilir saat sedang sidang ya.

4. Pilih Ruangan Kondusif dengan Background yang Bagus


Pilih Ruangan Kondusif dengan Background yang Bagus

Jika ingin sidang skripsi online berjalan lancar tanpa kendala yang berarti, pastikan untuk memilih lokasi yang tepat dan jauh dari gangguan. Pilih tempat yang tenang dan jauh dari suara bising agar komunikasimu dengan dosen penguji tidak terhambat, sehingga sidang skripsi bisa berjalan lancar.

Selain itu, pastikan area yang kamu gunakan memiliki pencahayaan yang cukup terang dan rapi. Hindari ruangan yang dipenuhi dengan banyak benda agar tidak mengganggu pemandangan dosen penguji. Agar lebih aman, gunakan ruangan dengan latar belakang netral dan hindari kaca karena bisa menyebabkan silau selama sidang skripsi berlangsung.

5. Gunakan Pakaian Formal yang Sesuai dengan Persyaratan Sidang


Gunakan Pakaian Formal yang Sesuai dengan Persyaratan Sidang

Meskipun tidak dilaksanakan secara tatap muka, kamu tetap harus memperhatikan penampilan saat menjalani sidang skripsi online. Setiap perguruan tinggi biasanya memiliki persyaratan tertentu terkait pakaian yang harus dikenakan oleh mahasiswa saat menjalani sidang skripsi, karena itu pastikan untuk menggunakan pakaian yang sesuai.

Biasanya pakaian yang ditentukan adalah kemeja putih yang dipadukan dengan almamater dan bawahan gelap dari bahan kain. Pastikan untuk menyiapkan pakaian tersebut jauh-jauh hari atau minimal satu hari sebelum waktu pelaksanaan sidang. Dengan begitu, kamu akan lebih siap dan sidang skripsi bisa berjalan lancar tanpa kendala.

6. Usahakan Selalu Fokus dan Menjaga Sikap Tubuh dengan Baik Saat Sidang


Usahakan Selalu Fokus dan Menjaga Sikap Tubuh dengan Baik Saat Sidang

Meskipun saat sidang skripsi online yang terlihat hanya sebagian tubuh, usahakan untuk tetap menjaga sikap dan gestur tubuh dengan baik. Hal ini penting dilakukan agar kamu tetap terlihat sopan dan menghormati para dosen penguji.

Selain itu, usahakan untuk tetap fokus dan jadilah pendengar yang baik agar kamu bisa menjawab semua pertanyaan yang diberikan dengan mudah. Jangan bertele-tele, hindari memotong pembicaraan dosen penguji dan sebaiknya jawab pertanyaan yang diberikan dengan jelas dan lugas.

7. Jangan Lupa Koordinasi dengan Anggota Keluarga di Rumah


Jangan Lupa Koordinasi dengan Anggota Keluarga di Rumah

Persiapan sidang skripsi online berikutnya yang tidak kalah penting adalah mengkoordinasikannya dengan keluarga yang tinggal denganmu. Jelaskan pada mereka bahwa kamu butuh suasana hening dan tenang selama menjalankan sidang skripsi. Mintalah pengertian pada mereka untuk tidak menciptakan kebisingan, berkata keras, maupun melakukan hal-hal lain yang bisa memecah konsentrasimu selama sidang.

Demikian tujuh tips yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian yang akan menjalankan sidang skripsi online. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips mencegah penularan virus Corona saat menggunakan transportasi umum. Selain itu, kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tujuh tips berobat ke rumah sakit selama Pandemi Corona.

You can share this post!

Related Posts