Indonesia Sukses Turunkan Emisi, Norwegia Bakal Bayar 56 Juta Dolar AS
Nasional

Kerja sama antara Indonesia dan Norwegia dalam hal lingkungan hidup saling menguntungkan. Tidak hanya menyokong pendanaan, Norwegia juga aktif memberikan dukungan teknis.

WowKeren - Duta Besar Republik Indonesia untuk Norwegia, Todung Mulya Lubis, menyambut baik rencana Norwegia untuk membayarkan hasil penurunan emisi yang telah dilakukan oleh Indonesia.

Pemerintah Norwegia akan melakukan pembayaran berbasis hasil (result based payment) yang merupakan hasil kerja sama Reduction of Emissions from Deforestation and Forest Degradation (REDD+). Adapun jumlahnya sebesar 530 juta krona Norwegia (NOK) setara 56 juta dolar Amerika pada tahun 2020 kepada Indonesia.

"Kami menyambut baik pengumuman pembayaran berbasis hasil," ujar Dubes Todung dalam siaran pers KBRI Oslo seperti dilansir dari Kontan, Senin (6/7). "Yang telah disampaikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Iklim Norwegia Sveinung Rotevatn."


Sebelumnya pada pertemuan yang digelar pada 17 Juni lalu, Rotevatn menyebut jika Indonesia merupakan mitra penting dalam melawan perubahan iklim dan penurunan gas rumah kaca. Pada tahun ini, selain memperingati 70 tahun hubungan diplomatik, Indonesia dan Norwegia juga memperingati 10 tahun kemitraan dalam kerangka kerja sama REDD+. Yang mana, kerja sama ini telah membuahkan hasil yang positif terhadap penurunan emisi gas rumah kaca di RI.

Kerja sama yang terjalin antara Indonesia dan Norwegia dalam hal lingkungan hidup saling menguntungkan kedua belah pihak. Tidak hanya menyokong pendanaan, Norwegia juga aktif memberikan dukungan secara teknis. Oleh sebab itu, kerja sama ini diharapkan bisa bertahan lebih lama lagi.

"Kami harapkan agar kerja sama ini dapat terus berlanjut," ujar Todung. "Dan ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang."

Sementara itu, jumlah pembayaran berbasis hasil oleh Norwegia adalah berdasarkan penurunan emisi yang telah diraih Indonesia pada tahun 2016-2017. Selama kurun waktu tersebut, penurunan emisi yang telah diverifikasi mencapai 11,2 juta ton CO2eq.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru