Ahmad Dhani Protes Uang Royalti dari Karaoke, Salahkan Anang Hermansyah?
Instagram/ahmaddhaniprast
Selebriti

Ahmad Dhani mengaku salah satu tujuan terjun ke dunia politik adalah memperjuangkan hak-hak musisi Indonesia. Salah satunya perkara uang royalti dari pengusaha karaoke.

WowKeren - Ahmad Dhani berbicara soal deklarasi sebagai politisi dan dunia musik yang kini hanya menjadi pekerjaan lepasnya. Salah satu tujuan Dhani masuk dunia politik adalah membawa kemajuan industri musik. Di antara yang membuat pentolan grup band Dewa 19 tersebut kesal adalah royalti dari para pengusaha karaoke.

"Ada satu hal yang membuat gue kesel nih. Ada regulasi karaoke-karaoke itu bayar royalti ke badan yang udah diakuin oleh pemerintah," ujar Dhani di podcast Deddy Corbuzier. Badan yang dimaksud Dhani adalah Wahana Musik Indonesia (WAMI).

Sebagai pengusaha karaoke, Dhani mengaku tahu seberapa besar uang yang disetorkan. Sedangkan sebagai pencipta sebagian besar lagu Dewa 19 dan banyak musisi lain, Dhani hanya diberi royalti sebesar Rp70 juta. Dhani rupanya menyesalkan tak adanya transparasi dana.

"Karena gue pengusaha karaoke, jadi gue tau duit yang masuk berapa ke WAMI itu. 180 miliar sekian lah," ungkap Dhani. "Gue ditransfer sama WAMI 70 juta. Iya, enggak semua lagu gua. Tapi kan harus ada transparasinya. Enggak ada, 70 juta itu seenak-enaknya aja. Ada yang dapet 50 ribu, 100 ribu juga ada."

Deddy lantas meminta Dhani berhati-hati agar pernyataannya tak terkesan menuduh. "Emang iya, emang mau gue masalahin. Enggak, gue enggak salah," tegas suami Mulan Jameela tersebut.


Dengan regulasi yang baik, Dhani percaya apabila musisi dapat hidup makmur hanya dari uang royalti. Dhani juga menyentil kontribusi Anang Hermansyah untuk industri musik selama menjadi anggota DPR yang belum mampu menyelesaikan masalah ini.

"Bisa, bisa banget. Dengan sistem yang baik dan benar," ujar Dhani yakin. "Kita juga nyalahin Anang sebenernya karena kemarin 2014-2019 menjadi anggota DPR kok sampe sekarang belum beres-beres masalah itu."

Lebih lanjut, Dhani berharap masalah ini juga menjadi perhatian pemerintah. Mantan suami Maia Estianty ini juga menyayangkan banyaknya musisi Tanah Air yang tak mau belajar politik. Sehingga para musisi seakan mudah dipermainkan dan tak mendapat perhatian serius dari pemerintah.

"Gue lebih seneng nih kalo diramein. Karena gue tau harusnya gue enggak dapet segitu. Jadi per tahun gue dapet 200 sekian juta lah. Bisa lebih harusnya," tutup Dhani. "Karena kalo gue bukan pengusaha karaoke, gue enggak tau. Karena gua tau, sialan nih gua berusaha supaya karaoke bayar tapi enggak ada impact ke gue juga. Ini mesti harus dibawa ke ranah regulasi."

(wk/nere)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru