Difungsikan Jadi Masjid, Turki Sebut Hagia Sophia Terbuka Bagi Semua Umat
Dunia

Pemerintah Turki memastikan jika situs bersejarah tersebut akan tetap dapat dikunjungi wisatawan dari semua pemeluk agama meski telah beralih fungsi menjadi masjid.

WowKeren - Presiden Turki, Erdogan telah memfungsikan Hagia Sophia yang berada di Istanbul sebagai masjid pada Jumat (10/7) lalu. Sayangnya keputusan tersebut menuai kritikan dan kekecewaan dari beberapa pihak.

Menanggapi hal ini, Pemerintah Turki pun memastikan jika situs bersejarah tersebut akan tetap dapat dikunjungi wisatawan dari semua pemeluk agama. "Hagia Sophia akan terus merangkul semua orang meski dengan status barunya (sebagai masjid) untuk melestarikan warisan budaya bersama umat manusia," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Turki, Hami Aksoy dilansir dari kantor berita Turki, Anadolu Agency, Rabu (15/7).

Aksoy menegaskan bahwa perubahan status Hagia Sophia merupakan hak kedaulatan Turki sehingga tidak ada pihak yang dapat mencampuri hal tersebut. Ia menyatakan status Hagia Sophia adalah masalah internal dan milik Turki.


Pernyataan itu diutarakan Turki setelah bertemu dengan Dewan Urusan Luar Negeri Uni Eropa pada Senin (13/7) terkait perubahan status Hagia Sophia. Seperti yang diketahui, penetapan Hagia Sophia kembali menjadi masjid setelah Majelis Negara Turki membatalkan keputusan kabinet pada 1934 soal status bersejarah itu.

Upaya Turki untuk kembali memfungsikan Hagia Sophia menjadi masjid sebenarnya sudah dilakukan sejak 2005. Dua tahun lalu Mahkamah Konstitusional Turki sempat menolak usulan tersebut.

Adapun yang memprotes keputusan Erdogan tersebut adalah Amerika Serikat, Yunani, Rusia, hingga Badan Perserikatan Bangsa-bangsa untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Budaya (UNESCO). Pasalnya, bangunan yang terletak di tepi Selat Bosporus, Istanbul itu awalnya adalah gereja yang dibangun Kekaisaran Byzantium dan sempat dikuasai Kekaisaran Romawi, saat mereka menguasai Turki sekitar 1.500 tahun lalu.

Meski begitu, dalam pidatonya Presiden Erdogan memastikan bahwa ikon Kristen akan tetap terpasang di Hagia Sophia, meski bangunan itu telah beralih fungsi menjadi masjid. Ia juga menyatakan fungsi masjid tak menjadikan Hagia Sophia hanya eksklusif untuk umat Muslim.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru