Ramal Kapan COVID-19 Berakhir, Bill Gates Ungkap Kekhawatiran Soal Vaksin Tiongkok dan Rusia
Getty Images
Dunia
Vaksin COVID-19

Pengusaha kelas dunia sekaligus ahli filantropi Bill Gates memprediksi akhir pandemi akan terjadi secara bertahap yang akan bermula dari negara kaya hingga kemudian seluruh dunia.

WowKeren - Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak yang serius bagi banyak sektor secara global. Virus ini dengan mudah menular dan tak jarang mengantarkan penderitanya ke kematian, terutama bagi mereka yang memiliki komorbid.

Sehingga publik pun bertanya-tanya kapan pandemi ini segera berakhir. Jangankan berakhir, vaksin untuk virus ini saja masih dalam tahap pengembangan hingga uji klinis.

Pengusaha dunia sekaligus ahli filantropi Bill Gates berbicara mengenai kapan pandemi ini akan berakhir. Menurutnya, pandemi bisa berakhir pada akhir 2021 bagi negara-negara kaya.

Sedangkan untuk dunia, ia meramalkan jika pandemi baru bisa berakhir akhir 2021. Gates saat ini sendiri tengah aktif mendanai pengembangan vaksin untuk corona. Sehingga ia pun optimis jika perkembangan vaksin kian menjanjikan maka pandemi juga akan segera berakhir.


"Inovasi untuk meningkatkan diagnosa, terapi baru, dalam pengembangan vaksin, sebenarnya cukup mengesankan," kata Gates seperti dilansir dari Business Insider, Minggu (9/8). "Dan itu membuat saya merasa, buat negara-negara kaya, kita seharusnya bisa mengakhiri hal ini pada akhir 2021 dan bagi dunia pada akhir 2022."

Lebih lanjut, ia mengungkapkan kekhawatirannya pada pengembangan vaksin yang dilakukan di Rusia dan juga Tiongkok. Menurutnya, tekanan untuk memiliki vaksin di negara tersebut sedemikian tinggi sehingga regulator mungkin mengizinkan pemberian vaksin sebelum terbukti benar kemanjuran dan keamanannya.

Cara ini sama sekali berbeda dengan yang diterapkan di AS. "Kita mungkin butuh tiga atau empat bulan, apapun keadaannya, untuk data fase 3, hanya untuk melihat apa efek sampingnya," ungkap Gates.

Gates sebelumnya menekankan jika vaksin harus tersedia bagi mereka yang paling membutuhkan. Sebab jika dibiarkan bergantung pada kekuatan pasar, maka tidak menutup kemungkinan pandemi corona akan berlangsung semakin lama.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts