Tetap Tenang dan Jangan Khawatir, Lakukan 7 Cara Mudah Ini Untuk Meredakan Perut Kembung Pada Bayi
Shutterstock/Oksana Kuzmina
Health

Saat perutnya sedang kembung, bayi biasanya akan rewel karena merasa sakit dan tidak nyaman. Oleh sebab itu, sebaiknya redakan kembungnya dengan tujuh cara berikut ini.

WowKeren -

Perut kembung bisa terjadi pada siapapun, termasuk bayi dan anak-anak. Perut kembung sendiri merupakan kondisi di mana gas menumpuk di dalam lambung dan usus hingga membuat perut terasa penuh dan terkadang terlihat bengkak.

Kondisi perut kembung pada bayi tergolong wajar karena sistem pencernaannya belum berfungsi dengan sempurna. Namun saat mengalami hal ini, bayi akan merasa tidak nyaman dan kesakitan sehingga lebih sering rewel serta menangis. Akibatnya, Anda sebagai orangtua mungkin akan merasa sangat khawatir dan kelabakan.

Jika Anda sering menemui kondisi ini, sebaiknya tetap tenang dan jangan khawatir berlebihan. Sebab ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk meredakan perut kembung pada bayi. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Menggosok Perut Bayi dengan Lembut


Menggosok Perut Bayi dengan Lembut
Shutterstock

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk meredakan perut kembung pada bayi adalah dengan menggosok dan memijat perutnya dengan lembut. Cara ini tergolong efektif untuk memulihkan kondisi perut bayi, membuatnya tetap merasa hangat dan membantunya buang angin lebih sering.

Cara melakukannya pun sangat mudah sebab Anda hanya perlu menggosok perut si kecil dari arah punggung menuju pusar. Saat mendekati pusar, beri tekanan sangat lembut menggunakan dua jari lalu tahan selama tiga detik dan lepaskan. Selain itu, Anda juga bisa memijatnya secara perlahan untuk meringankan rasa sakit akibat gas dan melancarkan sirkulasi darah di sekitarnya.

2. Bantu Bayi Bersendawa


Bantu Bayi Bersendawa

Setelah menyusui, sebaiknya bantu bayi untuk bersendawa. Hal ini penting dilakukan untuk mendorong udara yang keluar secara berlebihan dari tubuh si kecil. Berdasarkan rekomendasi dari seorang peneliti, Anda bisa membantu bayi bersendawa dalam posisi duduk dengan gerakan goyang yang lembut. Cara kedua, Anda bisa menggendong bayi dengan posisi tegak atau di atas bahu untuk membuatnya bersendawa.

Namun jika si kecil tidak langsung bersendawa setelah minum ASI, sebaiknya baringkan dia selama lima hingga sepuluh menit baru Anda coba lagi cara di atas. Ketika Anda mengangkat tubuh bayi, udara dapat bergerak ke bagian atas perut dan membuatnya lebih mudah bersendawa.

3. Jaga Bayi Tetap Terhidrasi dan Perhatikan Makanan yang Anda Konsumsi


Jaga Bayi Tetap Terhidrasi dan Perhatikan Makanan yang Anda Konsumsi

Cara meredakan kembung pada bayi berikutnya adalah dengan menjaganya tetap terhidrasi. Usahakan untuk memberi si kecil segala bentuk cairan hangat tanpa gula (untuk bayi di atas 6 bulan) guna menenangkan saraf perutnya yang sakit. Selain itu, cairan juga sangat dibutuhkan jika bayi muntah saat kembung. Meski cukup sulit untuk membuat si kecil makan atau minum saat perutnya kembung, sebaiknya tetap usahakan untuk memberi asupan sedikit-sedikit namun sering.

Selain itu, perhatikan juga makanan yang Anda konsumsi karena si kecil juga ikut merasakannya melalui ASI yang Anda berikan. Hindari makanan yang mengandung gas seperti brokoli, kol, bawang, produk susu serta berbagai minuman berkafein. Pastikan Anda mengkonsumsi berbagai makanan sehat agar si kecil juga mendapatkan gizi yang baik.

4. Kompres atau Mandikan Bayi dengan Air Hangat


Kompres atau Mandikan Bayi dengan Air Hangat
Shutterstock

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, air hangat dapat membuat perut bayi yang kembung menjadi lebih nyaman. Oleh sebab itu Anda dapat mengompres punggung dan perut si kecil dengan air hangat untuk meredakan perutnya yang kembung. Cara melakukannya pun sangat mudah, pertama-tama rendam kain bersih ke dalam air hangat lalu peras dan tempelkan pada area punggung serta perut bayi.

Selain itu, Anda juga bisa memandikan si kecil dengan air hangat untuk mengeluarkan gas di perutnya. Cara ini tak hanya mudah dilakukan, namun juga dapat membuat bayi merasa lebih tenang, rileks dan nyaman.

5. Tepuk-Tepuk Punggung Bayi dengan Lembut


Tepuk-Tepuk Punggung Bayi dengan Lembut
Shutterstock/Medias

Kembung dapat terjadi karena adanya terlalu banyak angin yang terperangkap di dalam perut. Kondisi ini bisa disebabkan setelah bayi mengkonsumsi ASI, susu formula maupun makanan pendamping ASI yang membuatnya kesulitan bersendawa. Untuk meredakan kembungnya, sebaiknya gendong bayi dengan posisi badannya menghadap Anda. Tempelkan perutnya pada dada Anda lalu tepuk-tepuk punggungnya secara perlahan untuk membuatnya bersendawa.

Selain itu, sebaiknya biarkan bayi tengkurap agak lama untuk meredakan sensasi tidak nyaman yang mereka rasakan. Dengan posisi tengkurap, gas di dalam perut bayi akan mendapat tekanan dari berat badan sehingga membuatnya buang angin dan bersendawa. Amati apakah bayi merasa sakit, tidak nyaman atau menunjukkan ekspresi aneh.

6. Gerakkan Kaki Bayi Seperti Mengayuh Sepeda


Gerakkan Kaki Bayi Seperti Mengayuh Sepeda

Tips berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk meredakan perut kembung pada bayi adalah dengan menggerakkan kakinya seperti sedang mengayuh sepeda. Cara ini dapat menekan bagian perut bayi sehingga gas yang ada di dalamnya akan terdorong dan bergerak ke atas sampai kerongkongan. Selain itu, cara ini juga ampuh untuk mengatasi rasa lelah yang si kecil rasakan.

Untuk melakukannya pun sangat mudah. Pertama-tama posisikan bayi dalam posisi telentang lalu gerakkan kakinya seperti sedang mengayuh sepeda. Saat melakukan itu, sebaiknya ajak si kecil berkomunikasi agar dia merasa lebih nyaman.

7. Ubah Posisi Menyusui


Ubah Posisi Menyusui

Memperbaiki posisi menyusui bisa menjadi cara berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk meredakan perut kembung pada bayi. Saat Anda tengah menyusui atau memberikan susu dengan botol dot, sebaiknya posisikan kepala bayi lebih tinggi dari perutnya. Dengan begitu bayi akan lebih mudah bersendawa sebab susu akan mengalir ke dasar perut dan udara bisa naik ke atas. Selain itu, Anda juga bisa menyusui dengan posisi berdiri agar udara tidak terlalu memenuhi perut si kecil.

Demikian tujuh cara alami meredakan perut kembung pada bayi yang telah tim WowKeren rangkum untuk Anda. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips melancarkan ASI yang tidak lancar. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips aman melahirkan di tengah pandemi virus Corona.

You can share this post!

Related Posts