Birthday Spotlight: Happy Jaemin Day
Selebriti
Birthday Spotlight

Untuk Birthday Spotlight kali ini, WowKeren secara khusus mengulas tentang Jaemin NCT Dream yang merayakan ulang tahunnya yang ke-20 (21 tahun menurut perhitungan Korea) pada 13 Agustus lalu.

WowKeren - Ulang tahun para idol menjadi momen yang spesial tak hanya bagi idol itu sendiri tapi juga penggemar mereka. Berbagai cara dilakukan penggemar untuk merayakan momen ulang tahun sang idola mulai dengan berdonasi, memasang iklan di lokasi-lokasi yang populer dan strategis sampai sekedar membuat tagar khusus dan menjadikannya trending topic di Twitter.

Untuk Birthday Spotlight kali ini, WowKeren secara khusus mengulas tentang Jaemin NCT Dream yang merayakan ulang tahunnya yang ke-20 (21 tahun menurut perhitungan Korea) pada 13 Agustus lalu. Ulang tahun kali ini menjadi ulang tahun keempat yang dirayakan pemilik nama lengkap Na Jaemin itu sebagai idol.

(wk/dewi)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Jaemin menjadi trainee SM Entertainment pada 2013 setelah "ditemukan" oleh staf saat membagikan poster dan mengumpulkan sampah sebagai sukarelawan bersama ibunya di sebuah acara. Ia diperkenalkan sebagai bagian dari SMRookies pada 22 April 2015.

Jaemin pertama kali tampil di televisi lewat acara "EXO 90: 2014" yang dibintangi EXO bersama dengan trainee lainnya. Acara tersebut menampilkan penampilan lagu-lagu idol K-pop tahun 90-an terkemuka, serta remake video musik dari lagu-lagu dari era tersebut.

Pada 2015, Jaemin tampil di acara "The Mickey Mouse Club yang ditayangkan Disney Channel Korea sebagai Mouseketeer bersama member SMRookies lain. Acara ini ditayangkan dari 23 Juli hingga 17 Desember 2015 dan dipandu oleh rekan satu label sekaligus senior mereka, Leeteuk Super Junior.

2. Debut


Debut

NCT Dream merilis single debut mereka, "Chewing Gum", pada 24 Agustus 2016 dan menjalani debut stage pada 25 Agustus di "M Countdown". "Chewing Gum"menduduki peringkat #2 di chart World Digital Songs dan #23 di chart Spotify Viral 50 pada saat dirilis. "Chewing Gum" versi Korea dan Mandarin kemudian disertakan ke dalam album single pertama NCT Dream.

Pada 1 Februari 2017, SM Entertainment mengumumkan NCT Dream akan merilis album single pertama mereka. Sayangnya, Jaemin tak bisa berpartisipasi dalam perilisan tersebut demi memulihkan diri dari herniated disc yang dideritanya. Jaemin bergabung lagi dengan grup pada 2018 lewat album "Empathy".

3. Puncak Karir


Puncak Karir

Pada 26 Juli 2019, NCT Dream merilis mini album ketiga mereka, "We Boom" dengan title track berjudul "Boom", menandai comeback pertama mereka tanpa Mark Lee. Album ini menjadi album terlaris NCT Dream hingga saat itu, terjual lebih dari 300.000 copy setelah sebulan dirilis. Album ini juga debut di #7 chart Billboard World Albums dan NCT Dream di #3 chart Billboard Social 50.

NCT Dream menerima dua kemenangan untuk "Boom" di "The Show" dan "We Boom" menjadi album terlaris yang dirilis oleh sub-unit NCT mana pun hingga dan di tahun 2019. Mini album tersebut juga menjadikan NCT Dream salah satu dari 10 penjualan fisik terbaik Korea Selatan pada tahun 2019 dan mengantarkan mereka meraih Penghargaan Bonsang di Golden Disc Awards ke-34 dan Seoul Music Awards 2020.

SM Entertainment mengumumkan bahwa NCT Dream akan merilis mini album keempat berjudul "Reload" pada 29 April 2020 sekaligus mengumumkan bahwa sub-unit tersebut akan menjadi grup permanen. Pada 28 April 2020, sehari sebelum rilis dan dalam dua minggu sejak pengumuman pertama, "Reload" telah mengumpulkan lebih dari 500.000 unit pre-order, menjadikan album tersebut sebagai rilisan NCT Dream dengan pre-order tertinggi hingga saat ini.

Saat dirilis, "Reload" menduduki puncak chart album iTunes di 49 negara termasuk Amerika Serikat serta menduduki puncak tangga lagu penjualan album digital QQ, situs musik terbesar di Tiongkok. Di Korea Selatan, lagu utama "Ridin'" mencapai #1 di situs musik terbesar, Melon, menjadikannya lagu pertama yang dirilis oleh unit NCT yang menduduki puncak chart. Semua lagu dari mini album "Reload" juga menduduki posisi 10 besar. Dalam minggu berikutnya, NCT Dream menduduki peringkat No. 1 di chart "Emerging Artists" Billboard.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Pada 2018, Jaemin bergabung sebgai cast tetap untuk musim kedua "My English Teen 100 Hours" di TVN, sebuah variety show pendidikan di mana para cast belajar bahasa Inggris secara intensif selama 7 jam setiap hari selama 2 minggu. Para pemerannya kemudian dikirim ke luar negeri untuk menguji pelajaran bahasa Inggris mereka di kehidupan nyata. Variety show tersebut mulai ditayangkan pada 20 Mei.

Pada 13 Maret 2019, Jaemin Jeno dan Jisung mewakili bintang K-pop di acara "K-Wave & Halal Show" di Malaysia. Acara persahabatan antara Korea Selatan dan Malaysia ini dihadiri oleh Presiden Moon sebagai bagian dari kunjungan kenegaraan tiga hari ke negara tersebut.

Pada April 2019, Jaemin melakukan debut aktingnya lewat peran Han Dae-gang, karakter utama pria di web-drama pendek berjudul "The Way I Hate You" produksi JTBC. Web-drama ini merupakan adaptasi dari webtoon populer dengan judul yang sama.

Jaemin juga tampil di variety show game berjudul "Do You Want To Play? GG!" di mana para selebriti membentuk tim untuk bermain melawan siswa sekolah menengah dalam berbagai permainan. Acara tersebut mulai ditayangkan pada Mei 2019.

Pada November 2018, Jaemin bergabung dengan Perwakilan Khusus UNICEF Korea, Choi Siwon Super Junior, dalam kunjungan ke Vietnam untuk kampanye perayaan Hari Anak Sedunia UNICEF melawan kekerasan di sekolah. Pada Maret 2019, Jaemin menghadiri acara komite UNICEF Korea "For Every Child" sebagai perwakilan pemuda, bertemu dengan Ratu Mathilde dari Belgia dan mantan Presiden Pengadilan Kriminal Internasional Song Sang-hyun. Pada bulan Mei tahun yang sama, Jaemin dan Jeno mengunjungi anak-anak yang tinggal di daerah kumuh di Indonesia bersama organisasi non-pemerintah yang berbasis di Korea Selatan, Good Neighbours.

5. Kontroversi


Kontroversi

Jaemin sempat digosipkan menjalin hubungan asmara dengan lawan mainnya di web-drama "The Way I Hate You", aktris Kim Ji In. Meski sempat menjadi pembicaraan para netizen, gosip tersebut tak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Mengingat NCT Dream telah ditetapkan sebagai grup permanen, Jaemin dipastikan akan tetap beraktivitas bersama sub-unit tersebut. Baru-baru ini, NCT Dream diyakini akan comeback setelah penggemar melihat para member mengganti gaya rambut mereka.

You can share this post!

Related Posts