Mudah Dilakukan dan Anti Gagal, Ini 7 Tips Sukses Membuat Kue Untuk Pemula
Kuliner

Ada beberapa tips mudah yang bisa kamu lakukan untuk membuat kue mengembang sempurna dan anti gagal. Penasaran bagaimana caranya? Simak informasi lengkapnya dalam artikel berikut ini.

WowKeren - Bagi sebagian orang, membuat kue bukan perkara yang mudah. Ada banyak orang yang takut gagal dan memilih untuk membeli kue jadi daripada buang-buang bahan. Namun di tengah pandemi virus Corona seperti saat ini, ada baiknya untuk mengurangi kebiasaan jajan di luar karena kebersihannya belum tentu terjamin. Karena itulah tak ada salahnya untuk mulai belajar membuat kue sendiri di rumah.

Perlu diketahui bahwa dalam membuat kue ada beberapa faktor yang menyebabkannya menjadi bantat atau kempis. Sekalipun kamu masih pemula, kegagalan itu bisa dihindari jika kamu menerapkan langkah yang tepat selama pembuatannya.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren akan menghadirkan beberapa tips membuat kue anti gagal yang bisa kamu terapkan dengan mudah. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Mulai dengan Membuat Kue Sederhana


Mulai dengan Membuat Kue Sederhana

Bagi pemula, sebaiknya mulai membuat kue yang bersifat sederhana. Pada dasarnya, resep terbagi atas tiga tingkatan yakni mudah, sedang dan sulit. Karena masih pemula, sebaiknya pilih tingkatan yang mudah terlebih dahulu agar peluang keberhasilannya tinggi. Pilih jenis kue yang tidak memerlukan resep rumit, mulai dari pemilihan bahan, cara pembuatan hingga teksturnya.

Bila resep termudah masih terasa sulit untuk dibuat, kalian bisa menggunakan tepung premix instan yang banyak dijual di pasaran. Meski menggunakan tepung premix instan, kamu bisa belajar untuk menggunakan peralatan dan memahami langkah demi langkah dalam membuat kue. Nanti jika sudah terbiasa, kamu bisa mulai membuat kue secara manual dengan mencoba resep mudah seperti cupcake.

2. Gunakan Bahan dengan Suhu Temperatur Ruang


Gunakan Bahan dengan Suhu Temperatur Ruang

Tips selanjutnya yang harus kalian ikuti adalah menggunakan bahan-bahan dengan suhu ruang. Kalau bahan yang akan kamu gunakan terlanjur dingin atau baru dikeluarkan dari lemari es, sebaiknya diamkan terlebih dahulu di ruangan biasa. Hal ini penting dilakukan agar kue yang kamu buat nantinya bisa mengembang dengan sempurna.

Selain itu, pastikan bahan yang dicampur memiliki suhu yang sama agar hasilnya tidak berantakan. Misalnya jika kamu menyiram krim panas ke dalam cokelat dingin, lemak kakao tentu akan terpisah dan hasil saus cokelat bisa terlihat berminyak. Dengan begitu, hasilnya tentu kurang menarik untuk dilihat.

3. Hindari Bahan yang Sudah Lama Disimpan


Hindari Bahan yang Sudah Lama Disimpan

Agar kue yang kita buat jauh dari kata gagal, sebaiknya hindari menggunakan bahan yang sudah lama disimpan di dapur atau yang berbau tengik. Bahan-bahan kue seperti baking soda, baking powder, ragi dan tepung biasanya memiliki umur simpan yang relatif singkat. Karena itulah sebaiknya beli bahan tersebut dengan ukuran yang lebih kecil saja agar tidak terbuang percuma jika masih sisa.

Untuk mengecek kualitas baking powder, kamu bisa menuangkan sedikit air panas ke bubuknya. Jika timbul gelembung, tandanya baking powder tersebut masih dapat digunakan. Begitupun dengan tepung terigu atau ragi yang ketika dilarutkan dalam air menghasilkan gelembung dan berbusa, artinya bahan tersebut masih segar dan bisa digunakan.

4. Ikuti Resep dengan Teliti


Ikuti Resep dengan Teliti

Meski terlihat sepele dan sering kita abaikan, tips satu ini sangat penting dilakukan. Membuat kue pada dasarnya adalah tentang presisi. Dengan membaca dan mengikuti resep secara seksama, kue yang kamu buat dijamin tidak akan gagal. Bila perlu baca resep hingga tiga kali untuk memastikan kesesuaiannya.

Sebagai contoh, jika di resep tertulis kamu harus menggunakan tepung terigu berprotein tinggi, pastikan untuk tidak menggantinya dengan tepung berprotein rendah karena hasil akhirnya bisa berbeda. Hal ini juga berlaku untuk bahan-bahan lain seperti mentega, gula, telur dan sebagainya. Yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah menyamakan pengukuran bahan itu sendiri, terutama bahan kering seperti tepung dan ragi.

5. Perhatikan Cara yang Tepat untuk Mengoles Mentega di Loyang


Perhatikan Cara yang Tepat untuk Mengoles Mentega di Loyang

Sebelum diberi adonan kue, kita biasanya akan memberi olesan mentega pada loyang. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari kue terasa lengket atau susah dilepas dari loyang. Karena itulah meski terdengar sepele, tips ini sangat penting untuk diperhatikan.

Gunakan kuas khusus untuk mengoleskan mentega pada loyang hingga merata termasuk di bagian sudutnya. Setelah itu kamu bisa memasukkan adonan kue ke dalam loyang dan memanggangnya di oven. Dengan begitu, proses pengeluaran kue dari loyang akan menjadi lebih mudah.

6. Perhatikan Suhu dan Waktu Saat Memanggang


Perhatikan Suhu dan Waktu Saat Memanggang

Tips berikutnya ini juga sangat penting untuk diperhatikan, khususnya bagi kamu yang menggunakan oven. Meskipun adonanmu sudah tepat, kue yang dihasilkan bisa saja gagal jika kamu berkali-kali membuka oven sebelum pemanggangan berakhir. Perlu diketahui bahwa membuka oven saat kue sedang dipanggang bisa membuat udara dari luar bercampur dengan suhu oven sehingga temperaturnya akan terganggu.

Hal lain yang harus kamu perhatikan adalah tentang peletakan loyang. Pastikan untuk memposisikan loyang di bagian tengah oven dan usahakan untuk memutarnya saat 5-10 menit terakhir agar semua bagian kue matang secara merata. Dan jika ingin mengecek kue buatanmu sudah matang atau belum, cukup intip dari kaca oven saja.

7. Biarkan Kue Dingin Sebelum Dinikmati


Biarkan Kue Dingin Sebelum Dinikmati

Bila kamu terbiasa mengeluarkan kue segera setelah matang, sebaiknya buang jauh-jauh kebiasaan tersebut karena bagian tengahnya masih sedikit cair dan bisa hancur berantakan. Untuk menghindarinya, sebaiknya tunggu dulu selama 10-15 menit baru mengeluarkan kue dari oven. Selama waktu itu sisa panas kue akan menguap sehingga kamu bisa mengeluarkannya dari loyang dengan lebih mudah dan bagian tengah kue akan tetap utuh.

Demikian tujuh tips membuat kue anti gagal yang bisa diterapkan dengan mudah oleh pemula. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips aman makan di restoran selama pandemi Corona. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips menghemat pengeluaran memasak saat pandemi.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel