Jawaban Trump Saat Disinggung Soal Tunggakan Pajak 10 Tahun di Debat Capres AS
Getty Images
Dunia

Sebelumnya, The New York Times membagikan laporan yang mengungkapkan bahwa Trump tidak membayar pajak penghasilan pada 10 dari 15 tahun terakhir akibat menderita kerugian.

WowKeren - Capres AS dari Partai Republik, Donald Trump, akhirnya memberikan tanggapan atas laporan The New York Times yang menyebut dirinya tidak membayar pajak federal selama 10 tahun. Tanggapan ini ia sampaikan dalam debat capres yang digelar pada Selasa (29/9) malam waktu setempat, di mana Trumo berhadapan dengan rivalnya dari Partai Demokrat, Joe Biden.

"Saya tidak ingin membayar pajak," ucap Trump saat diserang mengenai isu tersebut.

Trump juga mengaitkan dengan banyaknya orang kaya AS yang melakukan hal serupa dengannya. Presiden berusia 74 tahun tersebut berusaha mengklaim dia melakukan apa yang dilakukan orang lain dengan menghindari pajak.

Namun di sisi lain, Trump juga bersikeras menyatakan telah membayar jutaan pajak, yang bertentangan dengan laporan Times bahwa yang menyebut dia hanya membayar USD 750 atau Rp11 juta pajak penghasilan pada tahun 2016 dan 2017. Trump menyatakan dirinya membayar "jutaan dolar" dalam bentuk pajak di tahun-tahun pertama masa kepresidenannya.


Sebelumnya, The New York Times dalam laporan mengungkapkan bahwa Trump tidak membayar pajak penghasilan pada 10 dari 15 tahun terakhir. Disebutkan pula bahwa Trump tidak membayar pajak selama kurun waktu itu karena menderita kerugian. Namun Trump membantah laporan tersebut. Dia mengklaim telah membayar banyak pajak penghasilan.

Trump menambahkan bahwa dia bersedia untuk merilis pengembalian pajaknya setelah tidak lagi diawasi oleh Internal Revenue Service (IRS), yang disebut memperlakukannya dengan buruk.

Secara hukum, presiden AS memang tidak memiliki kewajiban untuk merilis laporan keuangan. Trump juga menolak menjawab berapa banyak pajak federal yang telah dia bayarkan.

Sementara itu, debat perdana antara Trump dan Biden digelar di Case Western Reserve University and Cleveland Clinic, di Cleveland, Ohio. Topik-topik yang disajikan dalam debat meliputi rekam jejak Biden dan Trump, Mahkamah Agung AS, pandemi COVID-19, ekonomi, ras dan kekerasan di kota, dan integritas pemilu.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru