Coba Sekarang Juga! Ini 8 Cara Mudah yang Bisa Kalian Lakukan untuk Melancarkan Peredaran Darah
pixabay.com
Health

Menjaga kelancaran peredaran darah sangat penting dilakukan agar kita senantiasa terhindar dari beragam penyakit. Untuk itu, sebaiknya lakukan 8 cara ini untuk melancarkan sirkulasi darah.

WowKeren - Sistem peredaran darah memiliki fungsi penting yakni mengedarkan oksigen dan zat gizi ke seluruh jaringan tubuh. Semua organ dan jaringan dalam tubuh manusia terhubung dengan pembuluh darah kecil yang terkait dengan pembuluh darah besar.

Jika pembuluh darah ini mengalami gangguan, seseorang berisiko terkena berbagai masalah kesehatan, termasuk kardiovaskular. Karena itulah penting bagi kita untuk melakukan berbagai upaya demi menjaga kelancaran peredaran darah.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren akan memberikan beberapa cara melancarkan peredaran darah yang bisa kalian lakukan dengan mudah. Penasaran apa saja itu? Simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Menerapkan Pola Makan Sehat


Menerapkan Pola Makan Sehat
pxhere.com

Tips pertama yang harus kalian lakukan adalah menerapkan pola makan sehat, karena makanan dapat mempengaruhi sistem peredaran darah dengan berbagai cara. Ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu melancarkan sistem peredaran darah, di antaranya adalah delima, cabai dan sayuran berdaun hijau yang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga darah bisa mengalir dengan lebih efektif.

Selain itu, kalian juga bisa mengkonsumsi ikan yang kaya akan asam omega 3 untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan mencegah penyumbatan oleh kolesterol. Dan untuk melindungi pembuluh darah dari radikal bebas, sebaiknya konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti bawang bombay, buah-buahan sitrus dan berbagai jenis buah beri.

2. Mengontrol Tekanan Darah


Mengontrol Tekanan Darah
pxhere.com

Tekanan darah yang terlalu tinggi bisa menyebabkan aterosklerosis, suatu kondisi di mana pembuluh darah mengalami pengerasan. Jika dibiarkan, aliran darah akan terhenti. Karena itu, penting bagi kita untuk selalu mengecek tekanan darah agar selalu berada dalam batas normal.

Perlu diketahui bahwa tekanan darah yang normal berada di angka 120/80. Anda dapat membeli monitor tekanan darah dan periksa tekanannya sebulan sekali. Tapi jika ingin mengetahui angka terbaik yang sesuai dengan usia dan kesehatan, sebaiknya tanya langsung pada dokter.

3. Jangan Terlalu Banyak Duduk


Jangan Terlalu Banyak Duduk
pixabay.com

Terlalu lama duduk ternyata bisa menyebabkan sejumlah masalah untuk kesehatan, termasuk membuat sirkulasi darah tidak lancar. Hal ini disebabkan karena darah akan berkumpul di bagian kaki yang dapat menyebabkan penggumpalan.

Untuk itu, sebaiknya jangan terlalu lama duduk jika ingin melancarkan sistem peredaran darah. Bila pekerjaan mengharuskan kalian duduk berjam-jam, sebaiknya selingi dengan berdiri selama beberapa menit sekali. Tindakan ini bisa membuat katup di pembuluh darah kaki bekerja dengan baik dan mengirimkan darah ke jantung dengan lancar.

4. Olahraga Secara Rutin


Olahraga Secara Rutin
pxhere.com

Rajin berolahraga juga dapat dilakukan untuk melancarkan sistem peredaran darah. Saat berolahraga, tubuh membutuhkan lebih banyak pasokan oksigen agar fungsinya bisa tetap optimal. Karena itu, jantung akan merespon dengan memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh sehingga peredaran darah akan lebih lancar. Tak hanya itu, olahraga secara rutin juga dapat meningkatkan kemampuan pembuluh darah untuk melebar dan bekerja dengan lebih efektif.

Bila perlu, tetapkan target tertentu untuk olahraga agar kalian lebih terpacu melakukannya. Misalnya kalian bisa berolahraga selama 30 menit sebanyak 5 sampai 7 kali dalam seminggu. Jika tidak sanggup melakukannya 30 menit sekaligus, kalian bisa membaginya menjadi dua sesi pada pagi dan malam hari.

5. Mengelola Stres


Mengelola Stres
pxhere.com

Cara berikutnya yang bisa kalian lakukan untuk melancarkan peredaran darah adalah dengan mengelola stres. Ketika tubuh mengalami stres, pembuluh darah akan mengalami penyempitan yang dapat mengganggu sirkulasinya. Jika kondisi ini terjadi dalam jangka panjang, tentu saja berbagai masalah kesehatan akan menghampiri.

Stres memang tidak dapat dihindari, namun kalian tetap bisa mengontrolnya agar tidak berlarut-larut. Caranya sederhana, kalian bisa melakukan meditasi atau mengatur pernafasan dan melakukan berbagai hal menyenangkan seperti bepergian, mendengarkan musik, melakukan yoga, makan-makanan manis atau menghabiskan waktu santai dengan orang terdekat.

6. Pastikan Asupan Cairan Selalu Terpenuhi


Pastikan Asupan Cairan Selalu Terpenuhi
pxhere.com

Perlu diketahui bahwa setengah kandungan darah berisikan air. Jika kalian melakukan banyak aktivitas, kandungan air tersebut akan berkurang. Oleh sebab itu, pastikan untuk minum banyak air putih agar kandungan air dalam darah dan tubuh tidak sampai hilang. Jika tubuh selalu terhidrasi, otomatis sirkulasi darah akan tetap lancar.

Usahakan untuk minum minimal delapan gelas air setiap hari. Jika kalian banyak beraktivitas, olahraga atau terlalu lama menghabiskan waktu di luar, pastikan untuk mengkonsumsi lebih banyak air. Dengan begitu, kesehatan tubuh akan tetap terjaga dan sirkulasi darah akan selalu lancar.

7. Jauhi Rokok


Jauhi Rokok
pxhere.com

Meninggalkan kebiasaan merokok memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk melancarkan peredaran darah. Pasalnya kandungan nikotin di dalam rokok berpotensi membuat sirkulasi darah tersumbat atau tidak lancar karena dapat merusak dinding arteri dan mengentalkan darah.

Bila kalian merasa sangat kesulitan untuk meninggalkan rokok, sebaiknya kurangi sedikit demi sedikit. Misalnya menghindari perkumpulan sesama perokok, melakukan terapi penggantian nikotin, terapi perilaku, menerapkan pola makan sehat, meminta bantuan orang terdekat dan masih banyak lagi.

8. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal


Menjaga Berat Badan Tetap Ideal
pxhere.com

Menjaga berat badan tetap ideal tak hanya dapat membuat penampilan menjadi lebih sedap dipandang, namun juga mampu menurunkan risiko obesitas. Jika sudah mengalami obesitas, sirkulasi darah dalam tubuh akan terhambat akibat terjadinya penumpukan plak pada pembuluh darah arteri. Jika kondisi ini terus terjadi dalam jangka panjang, kalian akan lebih berisiko terkena penyakit jantung koroner, serangan jantung hingga stroke.

Demikian delapan cara melancarkan peredaran darah yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa gejala awal kanker usus yang patut diwaspadai. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk menjaga kesehatan lansia di tengah pandemi Corona.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait