RI Jadi Tuan Rumah Forum Kebencanaan PBB, Jokowi Minta Persiapan Matang
Getty Images/Anadolu Agency
Nasional

Presiden Jokowi berharap acara ini bisa menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk memperkenalkan pariwisata mengingat jumlah peserta yang hadir mencapai ribuan.

WowKeren - Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) yang dibentuk Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) tahun 2022. Terkait hal ini, Presiden Joko Widodo memberikan arahan.

Jokowi ingin agar acara itu dipersiapkan sebaik mungkin. "Ini forum dua tahunan yang dibentuk oleh PBB untuk meninjau kemajuan berbagai kemajuan mendiskusikan perkembangan dan tren terbaru dalam penanganan kebencanaan," kata Jokowi, Kamis (15/10).

Acara ini akan dipusatkan di Bali pada 2022 mendatang. Rencananya, GPDRR akan dihadiri oleh 7.000 peserta dari 193 negara di dunia.

"Ini akan menjadi sebuah forum besar dan akan dihadiri kurang lebih 5 ribu sampai 7 ribu peserta," lanjut Jokowi. "Ini harus dipersiapkan dengan baik, saya kira sebagai tuan rumah banyak pengalaman dalam menjadi tuan rumah berbagai konferensi internasional dan sudah diputuskan bahwa konferensi ini akan digelar di Bali tahun 2022."


Kepala Negara berharap acara ini bisa dijadikan sebagai momen untuk menegaskan peran Indonesia dalam pengurangan risiko kebencanaan di dunia. Jokowi juga berharap ini bisa menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk memperkenalkan pariwisata mengingat jumlah peserta yang hadir mencapai ribuan.

"Pentingnya kita manfaatkan konferensi berskala dunia untuk kepentingan nasional kita sekaligus penegasan peran Indonesia dalam pengurangan risiko bencana di dunia," lanjut Jokowi. "Dan tentu saja jangan sampai lupa, kehadiran 190-an negara dapat kita gunakan untuk momentum mempromosikan pariwisata Indonesia."

Sementara itu, pemerintah menargetkan jika pada Mei 2022 mendatang ketika forum ini digelar, Indonesia sudah terbebas dari COVID-19. Hal ini bisa benar-benar terwujud jika distribusi vaksin bisa berjalan baik.

"Tadi disinggung sejumlah menteri," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Monardo usai rapat virtual dengan Presiden Jokowi, Kamis (15/10). "Vaksin bisa berjalan dengan baik sehingga tahun 2022 itu semuanya bisa dilaksanakan dengan aman."

Doni berharap acara ini bisa membangkitkan ekonomi dan pariwisata. "Nilai positif sebagai tuan rumah, selain soft diplomacy, tentunya membangkitkan sektor pariwisata setelah COVID-19," kata Doni.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait