Nama Presiden Joko Widodo Diabadikan Sebagai Jalan di Abu Dhabi
Twitter/kbriabudhabi
Dunia

Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Abu Dhabi, Nur Ibrahim, menjelaskan Jalan Presiden Joko Widodo terletak di salah satu ruas jalan utama yang membelah Abu Dhabi National Exhibition Center dengan Embassy Area.

WowKeren - Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) meresmikan jalan bernama Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi pada Senin (19/10). Acara peresmian jalan tersebut dilakukan oleh anggota sekaligus Chairman Abu Dhabi Executive Office, Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan.

Duta Besar RI untuk UEA juga turut menghadiri kegiatan peresmian jalan Presiden Joko Widodo tersebut. Selain itu, sejumlah pejabat Kementerian Luar Negeri UEA dan Abu Dhabi Municipality juga turut hadir.

Menurut Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Abu Dhabi, Nur Ibrahim, nama Jokowi yang diabadikan sebagai nama jalan ini merefleksikan hubungan erat antar pemerintah Indonesia dengan UEA. "Penamaan jalan Presiden Joko Widodo merefleksikan hubungan erat RI–UEA, sekaligus bentuk penghormatan (tribute) pemerintah UEA kepada Presiden RI saat ini Joko Widodo dalam memajukan hubungan bilateral RI –UEA selama menjabat sebagai kepala negara," terang Nur dilansir Kumparan pada Selasa (20/10).


Nur menjelaskan bahwa Jalan Presiden Joko Widodo ini terletak di salah satu ruas jalan utama yang membelah ADNEC (Abu Dhabi National Exhibition Center) dengan Embassy Area. Adapun kawasan ini biasa ditempati oleh sejumlah kantor perwakilan diplomatik.

Dalam wawancaranya dengan media Abu Dhabi, Dubes RI Husin Bagis mengungkapkan harapannya agar penamaan jalan Presiden Joko Widodo ini memperkokoh dan meningkatkan hubungan bilateral RI-UEA semakin erat. Adapun UEA sebelumnya juga telah mengabadikan nama pemimpin negara sahabat sebagai nama jalan.

UEA meresmikan Jalan King Salman bin Abdulaziz Al Saud di salah satu ruas jalan di Abu Dhabi pada September 2019 lalu. Penamaan jalan tersebut merupakan bentuk penghormatan atas kontribusi Raja Salman kepada dunia Islam dan untuk memperkuat hubungan bilateral UEA dan Arab Saudi.

Di sisi lain, peresmian Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi ini juga menambah deretan tokoh Indonesia yang namanya diabadikan sebagai nama jalan di luar negeri. Beberapa di antaranya adalah Jalan Soekarno di Rabat, Maroko, dan Jalan Raden Adjeng Kartini di Amsterdam, Belanda.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts