RI Masih 'Panen' Corona, Jokowi Tegaskan Piala Dunia U-20 2021 Tetap Digelar di 6 Kota
Instagram/pengamatsepakbola
Nasional

Presiden Joko Widodo memastikan gelaran Piala Dunia U-20 tetap digelar pada Mei dan Juni 2021 mendatang. Total ada 6 stadion di 6 kota yang akan dilibatkan di gelaran ini.

WowKeren - Indonesia sedianya menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang. Namun kelanjutan rencana itu menjadi pertanyaan karena saat ini Indonesia masih terus "memanen" kasus positif COVID-19.

Namun dalam rapat terbatas yang digelar pada Selasa (20/10) hari ini, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa gelaran itu akan tetap diadakan sesuai rencana. Sebab Jokowi meminta seluruh jajaran untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat demi mencegah penularan.

"Kita harus meyakinkan bahwa Indonesia telah mempersiapkan protokol kesehatan yang ketat," ujar Jokowi, dilansir dari Kompas. "Sehingga sangat aman untuk dikunjungi dan dijadikan tempat untuk penyelenggaraan U-20 2021."

Dengan demikian, Piala Dunia pun sedianya akan digelar pada 20 Mei sampai 12 Juni 2021. Untuk lokasi pertandingan akan disebar di 6 kota yang sudah ditunjuk, mana saja?


"Dan pada rapat yang lalu kita sudah memilih enam provinsi sebagai tempat penyelenggaraan pertandingan," terang sang kepala negara, dikutip dari Okezone Bola. "Yaitu di DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali."

Masing-masing provinsi nantinya akan menyediakan 1 stadion. Seperti Stadion Utama Gelora Bung Karno (DKI Jakarta), Stadion si Jalak Harupat (Jawa Barat), Stadion Manahan (Jawa Tengah), Stadion Jaka Baring (Sumatera Selatan), Stadion Gelora Bung Tomo (Jawa Timur) dan Stadion I Wayan kapten Dipta (Bali).

Oleh karena itulah, Jokowi pun meminta update perihal perkembangan kesiapan stadion yang sudah ditunjuk untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20.

"Untuk itu saya minta laporan update terkait dengan kesiapan. Terutama terkait dengan kesiapan stadion utama dan stadion pendukung di 6 kota yg telah ditunjuk," kata mantan Wali Kota Solo itu.

Konfirmasi soal Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang memang sudah disampaikan sejak Oktober 2019 silam. "Setelah beberapa kali mendapatkan kepercayaan dari komunitas sepak bola Asia, kali ini PSSI naik level dengan mendapatkan kepercayaan keluarga sepak bola internasional setelah ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021," beber Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, dikutip dari laman resmi.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts