Debat Terakhir Capres AS Trump VS Biden, Aturan Mikrofon Diperketat Cegah Interupsi
Dunia

Komisi Debat Pemilihan Presiden Amerika Serikat memutuskan akan mematikan mikrofon dua kandidat ketika masing-masing memaparkan pemikirannya tentang tema yang ditanyakan demi mencegah interupsi.

WowKeren - Debat kedua sekaligus terakhir calon Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Joe Biden akan digelar pada Kamis (22/10) mendatang. Komisi Debat Pemilihan Presiden Amerika Serikat memutuskan akan mematikan mikrofon dua kandidat ketika masing-masing memaparkan pemikirannya tentang tema yang ditanyakan.

Keputusan itu diambil setelah pihak Komisi bertemu pada Senin (19/10) sore waktu setempat untuk membahas potensi perubahan aturan pada format debat. Mereka memutuskan bahwa diperlukan perubahan jika berkaca pada debat pertama yang berubah menjadi kekacauan, di mana Trump sering memotong saat Biden memberikan pernyataan.

Sebuah sumber yang dekat dengan Komisi tersebut mengatakan bahwa keputusan untuk mematikan mikrofon telah disepakati oleh para anggota. "Sebuah perubahan aturan akan membutuhkan waktu yang berlarut-larut dan pada akhirnya, dalam pandangan kami, negosiasi tidak dapat dilaksanakan antara dua kampanye," kata sumber tersebut dilansir CNN, Selasa (20/10).


Akan tetapi, perubahan itu menuai teguran dari Direktur Komunikasi Kampanye Trump, Tim Murtaugh, yang menuduh tanpa bukti bahwa keputusan tersebut adalah upaya untuk memberikan keuntungan kepada kandidat favorit mereka. Komisi menerangkan sistem pembungkaman mikrofon akan dilakukan pada awal dari enam segmen debat.

Setiap kandidat akan diberi waktu dua menit untuk menjawab pertanyaan awal. Selama bagian itu, mikrofon kandidat lawan akan dimatikan. Mikrofon akan kembali dihidupkan setelah masing-masing kandidat selesai berbicara selama dua menit.

Sebelumnya, debat Capres AS yang rencananya digelar pada tanggal 16 Oktober lalu, harus dibatalkan lantaran Trump dinyatakan positif COVID-19. Trump juga menolak rencana digelarnya debat virtual selama ia terinfeksi virus mematikan tersebut. Sebagai gantinya kedua calon menemui para pendukungnya dan menggelar acara tanya jawab yang ditayangkan oleh stasiun tv yang berbeda pada hari dan waktu yang sama.

Sementara itu, debat pertama antara Trump dan Biden sempat menjadi sorotan. Pasalnya, debat ini berlangsung "tak biasa". Bahkan debat itu disebut-sebut sebagai yang paling kacau sepanjang sejarah Amerika modern.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru