Rizki DA Dianggap Rusak Kawasan Cagar Alam Sampai Terancam Dihukum, Begini Pembelaannya
Instagram/da2_rizki123
Selebriti

Rizki DA memberikan penjelasan terkait aksi kontroversialnya dan sang kembaran, Ridho yang bermain motocross di kawasan cagar alam. Rizki mengaku dirinya tak sepenuhnya bersalah.

WowKeren - Rizki Syafaruddin dan kembarannya, Ridho Syafaruddin tengah menjadi sorotan terkait aksinya bersama para rombongan bermain motor cross di kawasan Gunung Guntur, Kabupaten Garut. Padahal kawasan tersebut merupakan lahan konservasi dan masuk ke cagar alam.

Momen seru yang mereka unggah di laman Instagram masing-masing ini sontak mendapat kecaman dari warganet. Sebab, Gunung Guntur atau yang dikenal sebagai "Bromo KW" yang dijajal oleh mereka merupakana lahan konservasi. Atas aksinya ini, Rizki-Ridho sampai disebut melanggar Undang Nomor. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Terkait masalah ini, Rizki-Ridho pun memberikan klarifikasinya. Mereka mengaku tak tahu-menahu soal tempat tersebut yang merupakan kawasan konservasi Cagar Alam (CA) Kamojang yang terletak di Tarogong Kaler.

"Kita nggak tahu ya pertama kali untuk jalur ke situ, yang bawa ke situ. Terus yang kedua, kalau memang itu tempat yang dilarang, kalau memang tidak diperbolehkan, kenapa pas waktu kita yang dipermasalahkan. Kan banyak out roader-out roader yang lain," kata Ridho mengutip detkhot, Kamis (22/10).

Rizki DA merasa tindakannya tak merusak kawasan cagar alam tersebut. Karena ia mengikuti arahan dari pemandu.


"Kan kita juga mengikuti leader nih, kita juga nggak tahu menahu tuh soal gitu. Sudah gitu jalur kan sudah ada, kita hanya mengikuti saja dan masuk pun bayar," tutur Rizki. "Kalau memang bayar berarti itu kan untuk umum, kan. Kecuali kalau memang Ridho pertama kali nge-trail, sudah gitu buat jalur sendiri, ngehancurin sendiri, nah itu baru."

Ridho DA menduga ada unsur politik terkait pemberitaan kontroversi tersebut. Sebab, saat main motocross, ia bersama Atep. Rizki-Ridho pun mencoba mengambil sisi positif dari kejadian tersebut.

"Ya Iki cuma komen gini saja, ya sudah bismillah mudah-mudahan Aa Atep-nya punya kedudukan. Kalau memang punya kedudukan nanti insyaallah ini bisa jadi masukan bersama dan memang jadi bahan perhatian. Apa pun yang nanti punya kedudukan, mudah-mudahan bisa jadi perhatian juga," kata Rizki.

"Dan mungkin karena kita publik figur juga hal-hal ini bisa ter-up gitu. Kita ambil positifnya saja, bukan orang menyudutkan kita, kita marah, tidak. Tapi alhamdulillah mudah-mudahan Iki dan Ido di situ jadi semuanya jadi bahan perhatian juga. Dan mudah-mudahan bisa terealisasi juga untuk bisa menjaga sama-sama," lanjutnya.

Rizki-Ridho pun mengimbau pemerintah setempat soal membuat plang cagar alam. Mereka tak akan main motocross kalau sudah melihat petunjuk tersebut.

"Next-nya pemerintah setempat bisa lebih. Kalau memang itu dilarang, buatlah plang yang selebar-lebarnya, yang sebesar-besarnya kalau itu cagar alam," tandas Ridho.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait