'Kabur' Dari KTT G20, Trump Lebih Pilih Main Golf
Reuters/Cathal McNaughton
Dunia

Kelakuan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di tengah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 tahun 2020 kembali menjadi sorotan dunia. Pasalnya, ia sempat mangkir dan bermain golf di Sterling, Virginia.

WowKeren - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 tahun 2020 telah digelar pada 21-22 November 2020 kemarin. Acara yang dituan rumahi oleh Arab Saudi tersebut digelar secara virtual lantaran adanya pandemi virus corona.

Di tengah acara tersebut berlangsung, sosok Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump rupanya kembali menjadi sorotan. Pasalnya, saat kepala negara lainnya menyampaikan pidato dalam konferensi yang digelar secara virtual tentang "kesiapsiagaan pandemi", Trump justru mangkir dan lebih memilih bermain golf.

Dikutip dari Sky News, Senin (23/11), pemimpin negara yang membahas soal penanganan pandemi COVID-19 adalah Arab Saudi, Prancis, Jerman, Italia, dan Korea Selatan. Diketahui, Trump sempat hadir pada sesi pagi hari, namun pada sesi berikutnya Trump digantikan dengan Presiden Terpilih AS Joe Biden.

Trump kedapatan bermain golf di Sterling, Virginia, ketika panel samping sore tentang pandemi COVID-19 berlangsung. Ia tidak menyampaikan pesan ke pertemuan pada saat ia bermain golf dan dianggap tidak ada keterlibatan Amerika Serikat pada sesi tersebut.

Presiden dari Partai Republik tersebut menghabiskan waktu sekitar empat jam di Trump National Golf Club, tempat ia menghabiskan beberapa akhir pekan sejak kalah dalam pemilihan Presiden AS pada bulan November.


Source: Twitter

Sekretaris pers Gedung Putih Kayleigh McEnany kemudian mengatakan Donald Trump berbicara di KTT G20 untuk menyoroti pekerjaan yang telah dilakukan AS dalam membangun kembali ekonomi dan mengamankan vaksin sebagai tanggapan terhadap virus corona. Setelah berpidato, Trump digantikan oleh Menteri Keuangan Steven Mnuchin seperti yang dikatakan oleh para pemimpin dunia lainnya.

Kemudian Trump meninggalkan Gedung Putih dan menuju ke lapangan golfnya di Virginia, tidak jauh dari Washington. Di hari kedua KTT G20 yaitu Minggu (22/11), Trump sempat membuat cuitan di Twitter yang merujuk pada kehadirannya yang dijadwalkan dan menyindir laporan media yang menyebutkan bahwa ia tidak menghadiri pertemuan sehari sebelumnya.

"Baru saja ikut Virtual G20. Ada di sini kemarin juga (awal), tetapi beberapa Media Berita Palsu tidak melaporkannya secara akurat - seperti biasa. Pidato saya tersedia (mereka bilang saya tidak berpidato)," cuit Trump.

Tentunya sikap Trump yang lebih memilih bermain golf ketimbang menghadiri KTT G20 dan membicarakan soal penanganan pandemi COVID-19 menuai kritik dari sejumlah pihak. Pasalnya, di Negeri Paman Sam sendiri kasus COVID-19 telah mencapai 12,2 juta, dengan dengan 255.905 kasus kematian menurut data Universitas Johns Hopkins.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts