Trump Tetap Klaim Menang Pemilu AS di Kampanye Partai Republik
Getty Images
Dunia

Dalam kampanye Partai Republik di Valdosta, Georgia, Trump mengatakan kepada kerumunan pendukung bahwa ia pada akhirnya akan tetap menang. Ia kembali menegaskan bahwa hasil pilpres adalah kecurangan.

WowKeren - Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali mengklaim memenangkan pemilihan presiden 3 November lalu, kendati perolehan suara memperlihatkan rivalnya, Joe Biden, memenanghal pilpres tersebut dengan hasil yang jauh mengunggulinya.

Dalam kampanye Partai Republik di Valdosta, Georgia, Trump mengatakan kepada kerumunan pendukung bahwa ia pada akhirnya akan tetap menang. "Kami memenangkan pemilihan umum ini. Kami masih akan memenangkannya," kata Trump pada Sabtu (5/12) waktu setempat, sebagaimana dilansir dari CNN.

Trump juga kembali menegaskan bahwa hasil pilpres 3 November adalah sebuah kecurangan. "(Hasil pemilu) itu curang. Itu adalah hasil kesepakatan," papar Trump menambahkan merujuk pada kemenangan Biden.

Trump berkampanye di Georgia demi mendukung dua kandidat politikus Partai Republik yang tengah menghadapi putaran dua pemilihan Senat pada 5 Januari mendatang. Putaran dua pemilihan Senat akan memutuskan apakah Partai Republik atau Demokrat yang akan mengendalikan Senat.


"Para pemilih di Georgia akan menentukan partai mana yang menjalankan setiap komite, menulis setiap undang-undang, mengontrol setiap dolar pembayar pajak," kata Trump. "Secara sederhananya, Anda akan memutuskan apakah anak-anak Anda akan tumbuh di negara sosialis atau apakah mereka akan tumbuh di negara bebas."

Sejumlah politikus Republik cukup khawatir sikap ngotot Trump mengklaim kemenangan pemilu dapat mengurangi simpati pemilih.

Sebelumnya, Trump juga dituding memaksa Gubernur Georgia untuk mengubah hasil pemilu. Namun, pejabat pemilihan umum dari Partai Republik di Georgia menolak klaim Trump yang menganggap pemilu di wilayah itu telah dicurangi.

Sebagaimana diketahui, Georgia merupakan negara bagian kubu Partai Republik. Namun, rival Trump dari Demokrat, Joe Biden, berhasil memenangkan perolehan suara di Georgia dengan lebih dari 12 ribu suara. Dengan hasil itu, Biden merupakan kandidat presiden Demokrat pertama yang berhasil memenangkan perolehan suara di Georgia selama hampir tiga dekade terakhir.

Di sisi lain, meski telah menyetujui masa transisi pemerintahan baru ke tangan Biden, Trump masih belum sepenuhnya mengakui kekalahannya di pemilu. Trump bersama tim kuasa hukum masih berupaya menempuh jalur hukum menggugat hasil pemilu yang dinilainya curang.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru