Jangan Stres Karena Kewalahan, Ini 7 Cara Mudah Menyelesaikan Pekerjaan yang Menumpuk di Akhir Tahun
Rawpixel/Teddy Rawpixel
SerbaSerbi

Sebagian orang harus melalui akhir tahun dengan susah payah karena sejumlah pekerjaan yang menumpuk. Jika mengalami situasi ini, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan agar bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan baik. Apa saja itu?

WowKeren - Untuk sebagian orang, akhir tahun bisa menjadi waktu yang menyenangkan untuk berlibur dan bersantai dengan orang-orang terdekat. Namun sebagian lainnya justru harus melalui akhir tahun dengan susah payah karena sejumlah pekerjaan yang menumpuk.

Contohnya seperti membuat laporan tahunan hingga harus menyelesaikan pekerjaan tertentu sebelum tahun berganti. Belum lagi jika Anda juga harus menyelesaikan pekerjaan karyawan lain yang sedang mengajukan cuti akhir tahun. Sejumlah kondisi ini rentan membuat stres dan menurunnya produktivitas. Semangat bekerja pun akan berkurang, padahal ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren akan menghadirkan beberapa cara mudah untuk menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk di akhir tahun. Penasaran bagaimana saja caranya? Simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Atur Prioritas


Atur Prioritas
Rawpixel/McKinsey

Jika Anda memiliki banyak pekerjaan menumpuk di akhir tahun, tentunya sulit untuk menyelesaikannya dalam waktu bersamaan. Maka dari itu, penting untuk mengatur skala prioritas dengan menyelesaikan pekerjaan yang sifatnya sangat penting terlebih dahulu.

Jika Anda belum mengetahui pekerjaan mana yang harus didahulukan, jangan ragu untuk bertanya pada atasan atau rekan kerja. Dengan menerapkan skala prioritas, Anda bisa bekerja dengan lebih terorganisir dan tidak mudah stres.

2. Ciptakan Ruang Kerja yang Nyaman


Ciptakan Ruang Kerja yang Nyaman
Unsplash/Work With Island

Tempat kerja yang nyaman akan memacu kita untuk bekerja dengan lebih baik. Maka dari itu, sebaiknya tata ulang ruang kerja Anda menjadi senyaman mungkin. Rapikan semua berkas yang menumpuk dan sortir berbagai barang yang tidak diperlukan. Letakkan peralatan yang paling sering digunakan di area yang kerap Anda perhatikan.

Bila perlu, pajang beberapa foto dengan keluarga, pasangan atau foto ketika sedang liburan di meja kerja Anda. Dengan melakukan cara ini, Anda bisa menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk dengan lebih semangat.

3. Hindari Multitasking


Hindari Multitasking
Unsplash/Jonas Leupe

Meski pekerjaan di akhir tahun sedang menumpuk, pastikan untuk menghindari multitasking. Perlu diketahui bahwa melakukan lebih dari satu pekerjaan dapat membuat Anda kehilangan fokus dan konsentrasi. Alih-alih terselesaikan, pekerjaan Anda bisa semakin terbengkalai.

Oleh sebab itu, sebaiknya selesaikan pekerjaan satu persatu sesuai dengan skala prioritasnya. Meski cukup memakan waktu, cara ini bisa membuat Anda meminimalisir kesalahan dan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik.

4. Buat Target dan Reward Untuk Diri Sendiri


Buat Target dan Reward Untuk Diri Sendiri
Rawpixel

Agar lebih terpacu untuk menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk, sebaiknya buat target tertentu. Misalnya pekerjaan A maksimal harus Anda selesaikan dalam kurun waktu tiga hari, pekerjaan B harus selesai minggu depan, dan begitu seterusnya. Selesaikan pekerjaan tersebut dengan disiplin agar tidak melewati tenggat waktu yang telah Anda tetapkan.

Biar lebih semangat, sebaiknya hadiahi diri Anda sendiri. Misalnya setelah menyelesaikan target tertentu, Anda akan tidur lebih awal dan bangun dengan sedikit terlambat. Setelah menyelesaikan target berikutnya, Anda akan makan malam dengan pasangan atau keluarga dekat. Reward berikutnya bisa berupa liburan ke luar kota untuk menyenangkan diri sendiri yang telah bergelut dengan pekerjaan melelahkan.

5. Manfaatkan Teknologi Masa Kini


Manfaatkan Teknologi Masa Kini
Rawpixel/Karolina/Kaboompics

Cara berikutnya yang WowKeren rekomendasikan adalah memanfaatkan teknologi masa kini. Buat Google kalender untuk menyingkronkan tenggat pekerjaan dengan perangkat yang Anda gunakan. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan notifikasi untuk setiap pekerjaan yang masuk dan yang telah diselesaikan.

Selain itu, Anda bisa menggunakan sistem cloud untuk melakukan pekerjaan dengan tim tanpa harus bersusah payah berbagi file secara manual. Sebab para anggota tim yang telah menyelesaikan pekerjaannya dapat dengan mudah meletakkannya di file tertentu. Dengan begitu, tugas tersebut tidak perlu dikerjakan secara berulang.

6. Buat Rencana Cadangan


Buat Rencana Cadangan
Rawpixel

Menghadapi pekerjaan yang menumpuk bisa diibaratkan seperti sedang bermain catur. Seorang pemain profesional akan memikirkan setidaknya lima sampai sepuluh langkah berikutnya. Sebaliknya, pemain catur pemula biasanya hanya akan memikirkan langkah untuk saat ini saja.

Seperti pemain profesional saat bermain catur, tak ada salahnya untuk memikirkan beberapa rencana cadangan saat menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk. Hal ini diperlukan agar Anda bisa lebih siap dalam menghadapi krisis yang mungkin akan muncul di masa depan.

7. Jangan Lupa Luangkan Waktu untuk Istirahat


Jangan Lupa Luangkan Waktu untuk Istirahat
Unsplash/Isabella and Louisa Fisch

Cara terakhir ini juga tak boleh diabaikan begitu saja. Meski Anda dihadapkan pada setumpuk pekerjaan, jangan terlalu banyak begadang karena istirahat tetap harus dilakukan. Dengan beristirahat, stamina tubuh akan terjaga, badan dan pikiran pun akan selalu segar sehingga Anda bisa menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk dengan baik.

Selama bekerja, luangkan waktu 5-10 menit untuk pergi ke toilet atau sekedar mendengarkan lagu. Atau jika benar-benar terasa lelah, sempatkan waktu untuk tidur sejenak selama 10-15 menit. Bila energi sudah kembali terisi, Anda boleh kembali menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk di akhir tahun.

Demikian tujuh tips menyelesaikan pekerjaan menumpuk di akhir tahun yang telah tim WowKeren rangkum untuk Anda sekalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui alternatif liburan akhir tahun yang hemat biaya dan minim kontak dengan orang lain. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips liburan aman dan menyenangkan di tengah pandemi.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait