Jurnalis Tiongkok Dijatuhi Hukuman Usai Laporkan Penyebaran Covid-19 di Wuhan
AP
Dunia

Jurnalis tersebut dinyatakan bersalah oleh Pengadilan Rakyat Shanghai Pudong New District Tiongkok karena dituduh berselisih dan memprovokasi masalah.

WowKeren - Jurnalis Tiongkok, Zhang Zhan, dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman empat tahun penjara karena melaporkan penyebaran virus corona di Wuhan dalam video siaran langsung.

Zhang dinyatakan bersalah oleh Pengadilan Rakyat Shanghai Pudong New District, Tiongkok, pada Senin (28/12) pagi waktu setempat karena dituduh berselisih dan memprovokasi masalah.

Dilansir dari CNN, hukuman yang dijatuhkan padanya kerap digunakan oleh polisi setempat untuk membungkam perbedaan pendapat "Zhang Zhan menghadiri persidangan dengan kursi roda dan kesehatannya buruk," kata salah seorang pengacara Zhang.

"Dia tidak segera berkomentar apakah dirinya akan mengajukan banding atau tidak," lanjutnya.


Sebelumnya, Zhang juga disebut bisa menghadapi hukuman lima tahun penjara jika terbukti memicu pertengkaran dan memprovokasi masalah karena telah melaporkan penanganan awal pemerintah Tiongkok yang kacau atas wabah Covid-19.

Sekitar selusin pendukung dan diplomat berkumpul di luar Pengadilan Rakyat Shanghai Pudong New District tempat persidangan akan dilangsungkan pada Senin pagi. Jaksa penuntut telah merekomendasikan hukuman penjara selama empat hingga lima tahun.

Zhang mengkritik tanggapan awal pemerintah saat Covid-19 muncul pertama kali di Wuhan. Hal itu ia tuangkan dalam esai yang ditulis pada Februari, dirinya menyatakan bahwa pemerintah tidak memberikan informasi yang cukup kepada orang-orang, kemudian hanya memberlakukan lockdown kota. "Ini adalah pelanggaran besar hak asasi manusia," tulisnya.

Kelompok HAM pun turut memberikan perhatian atas kasus Zhang. "(Pihak berwenang) ini menggunakan kasusnya sebagai contoh untuk menakut-nakuti para pembangkang lain agar tidak mengajukan pertanyaan tentang situasi pandemi di Wuhan awal tahun ini," kata Leo Lan, konsultan penelitian dan advokasi di LSM Pembela HAM Tiongkok.

Zhang adalah orang pertama yang menghadapi persidangan dari empat orang citizen journalist lain yang ditahan oleh pihak berwenang setempat awal tahun ini karena melaporkan wabah serupas SARS itu dari Wuhan. Ketiga orang yang bernasib sama dengan Zhang yakni Chen Qiushi, Fang Bin, dan Li Zehua.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru