Inggris Resmi Gunakan Vaksin Covid-19 AstraZeneca
Dunia

Inggris menjadi negara pertama di dunia yang menyetujui penggunaan vaksin tersebut. Sebelumnya, Inggris juga yang pertama menyetujui vaksin buatan Pfizer-BioNTech.

WowKeren - Inggris secara resmi menyetujui penggunaan vaksin yang dikembangkan AstraZeneca dan Oxford University untuk melawan Covid-19. Pengumuman tersebut disampaikan pemerintah pada Rabu (30/12) waktu setempat.

Izin penggunaan vaksin dari AstraZeneca tersebut dikeluarkan setelah pemerintah Inggris menerima rekomendasi dari Badan Pengatur Produk Kesehatan dan Obat (MHRA). "Mengizinkan vaksin Covid-19 Oxford University/AstraZeneca untuk digunakan," demikian kata juru bicara pemerintah, seperti dikutip dari CNN.

Dengan ini, Inggris menjadi negara pertama di dunia yang menyetujui penggunaan vaksin tersebut. Mereka juga yang pertama menyetujui vaksin buatan Pfizer-BioNTech.

AstraZeneca akan bergabung bersama Pfizer/BioNTech yang sudah digunakan dalam vaksinasi darurat di Inggris. Vaksinasi massal di Inggris telah dimulai pada 8 Desember lalu.


Sementara itu, AstraZeneca telah melaporkan hasil uji klinis tahap tiga yang dilakukan di Brasil dan Inggris beberapa waktu lalu. Meskipun sempat ada kekeliruan dosis yang diberikan dalam proses uji klinis, namun klaim efikasi vaksin itu dinilai bisa dipercaya. Vaksin AstraZeneca disebut 70 persen ampuh melawan Covid-19.

Angka efikasi tersebut didapat dari penggabungan data kelompok orang yang divaksinasi dengan dosis tepat, dan dosis yang keliru. Jika hanya menggunakan data kelompok dosis yang tepat, ditemukan efikasi sebesar 64 persen.

Meski lebih rendah, vaksin AstraZeneca telah mencapai standar efikasi minimal vaksin Covid-19 yaitu 50 persen. Vaksin AstraZeneca juga tidak perlu disimpan dalam suhu -80 derajat seperti vaksin Covid-19 Pfizer.

Hingga kini Inggris memiliki 2.382.865 kasus virus corona dan 71.567 kematian. Negara monarki tersebut juga tengah dihantam penyebaran mutasi baru virus corona. Bahkan kini, sejumlah negara di dunia telah memblokir Inggris untuk memasuki wilayah mereka.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru