Sandiaga Uno Mau Kembangkan Wisata Kemanusiaan di RI, Seperti Apa?
Nasional

Seperti diketahui, sebagai Menparekraf RI, Sandiaga memiliki tugas yang berat untuk memulihkan sektor wisata. Pandemi COVID-19 telah membuat sektor ini babak belur.

WowKeren - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno tengah berupaya memulihkan sektor pariwisata di Indonesia. Namun tak hanya itu, Sandiaga juga berencana untuk mengembangkan wisata kemanusiaan.

Misalnya dengan menghadirkan layanan donor darah untuk wisatawan. Untuk merealisasikan rencana ini, Sandiaga akan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia. Menjelaskan sedikit gambarannya, Sandiaga menyebut nantinya wisata donor darah ini akan diaktivasi di sejumlah destinasi wisata di Tanah Air.

"Bekerja sama dengan PMI, kegiatan donor darah nantinya bisa diaktivasi di berbagai destinasi Tanah Air. Kita juga bisa membuat paket wisata," kata Sandiaga dilansir Antara, Sabtu (2/1). "Misalnya di Bali ada paket wisata di mana masyarakat datang ke satu resort dengan penerapan protokol yang ketat dan disiplin, di situ juga bisa berdonor darah."


Seperti diketahui, sebagai Menparekraf RI, Sandiaga memiliki tugas yang berat untuk memulihkan sektor wisata. Pandemi COVID-19 telah membuat sektor ini babak belur sehingga butuh perjuangan untuk bisa memulihkannya.

Menurut Sandiaga, kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dari dampak pandemi COVID-19 hanya bisa dilakukan jika sisi kesehatan juga dapat teratasi. Yang jelas, RI harus terus berinovasi jika ingin mengentaskan pariwisata dari keterpurukan. Tentu saja, langkah ini harus dilakukan dengan menggandeng pihak-pihak terkait.

"Inovasi, apapun kegiatannya untuk tetap bisa ‘survive’ kita harus dapat berinovasi," tuturnya melanjutkan. "Saya minta para pengusaha di sektor parekraf untuk dapat berinovasi, bagaimana kita bisa beradaptasi dengan protokol kesehatan dan kolaborasi, seperti yang kita lakukan hari ini dengan PMI."

Gagasan ini mendapat respons positif dari PMI. Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendy mengatakan jika pihaknya siap bekerja sama dengan Kemenparekraf untuk mendukung rencana itu. "Misalnya adalah wisata kemanusiaan yang ke depan akan kita sama-sama laksanakan. Khususnya dalam penanganan COVID-19 termasuk donor plasma dari penyintas COVID-19," ujarnya.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait