Alergi Gluten? Ini 7 Alternatif Tepung yang Bisa Kamu Konsumsi
iStockphoto/parinyabinsuk
Kuliner

Gluten adalah jenis protein yang biasa ditemukan dari biji-bijian, termasuk gandum. Namun sayangnya, ada sebagian orang yang tidak bisa mengonsumsi makanan yang mengandung zat ini.

WowKeren - Tepung adalah salah satu bahan yang umum dijumpai dalam pembuatan makanan. Tak hanya untuk roti, tetapi juga mi dan kue lainnya. Sebagian besar tepung terbuat dari gandum yang mengandung gluten.

Gluten adalah jenis protein yang biasa ditemukan dari biji-bijian, termasuk gandum. Namun sayangnya, ada sebagian orang yang akan menunjukkan reaksi alergi saat mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Orang-orang dengan penyakit celiac, intoleransi gluten, dan alergi gluten, mereka akan berusaha menghindari protein yang satu ini.

Kabar baiknya, ada sejumlah jenis tepung yang tidak mengandung gluten yang bisa dijumpai di pasaran. Sehingga kamu yang tidak bisa mengonsumsi tepung mengandung gluten tidak perlu khawatir. Berikut tepung alternatif yang bisa kamu pilih.

(wk/zodi)

1. Tepung Almond


Tepung Almond
https://www.biggerbolderbaking.com/

Meskipun sama seperti tepung pada umumnya yang terbuat dari biji-bijian, tepung almond bebas kandungan gluten. Seperti namanya, tepung ini terbuat dari kacang almond utuh.

Tepung almond banyak digunakan untuk membuat kue atau roti yang dimasak dengan cara dipanggang. Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi tepung ini adalah asupan vitamin E. Selain kaya vitamin E, almond juga mengandung asam lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh.

2. Tepung Sorgum


Tepung Sorgum
https://www.pursuperfoods.com/

Tepung yang satu ini mungkin masih belum seberapa akrab di telinga kita. Tepung sorgum terbuat dari biji-bijian sereal kuno yang sehat. Oleh sebab itu tak heran jika tepung ini cocok dipakai untuk membantu pemenuhan kebutuhan serat tubuh.

Selain mengandung serat, tepung ini juga mengandung protein yang bisa membantu memperlambat penyerapan gula. Tepung sorgum memiliki rasa yang agak manis dengan tekstur yang lembut dan cerah.

3. Tepung Jagung


Tepung Jagung

Sesuai dengan namanya, tepung jagung terbuat dari biji jagung yang yang sudah ditumbuk hingga menghasilkan tekstur bubuk. Tepung ini banyak mengandung serat dan juga antioksidan senyawa karoten lutein dan zeaxanthin yang baik untuk kesehatan mata.

Tepung jagung banyak digunakan sebagai pengental cairan atau kuah. Selain itu, tepung yang berwarna kuning ini juga bisa digunakan untuk membuat roti. Pada umumnya, penggunaan tepung jagung dikombinasikan dengan tepung bebas gluten lainnya.

4. Tepung Tapioka


Tepung Tapioka
https://www.jamieoliver.com/

Tepung yang satu ini sangat mudah dijumpai di pasaran. Tepung tapioka terbuat dari ekstrak singkong dan banyak digunakan sebagai pengental dalam sup, roti, dan makanan kenyal lainnya.

Selain kaya akan kandungan karbohidrat, tepung tapioka juga mengandung pati resisten yang kaya serat. Beberapa studi menunjukkan jika kandungan ini mampu menurunkan kadar gula darah.

5. Tepung Kentang


Tepung Kentang

Dibuat dari kentang yang dihaluskan, tepung ini dapat membuat tekstur makanan menjadi lebih lembut, terutama untuk adonan yang diolah dengan cara dipanggang.

Sama seperti tepung tapioka, tepung kentang juga mengandung pati resisten yang sangat baik untuk pencernaan. Pati kentang akan bertindak sebagai prebiotik dalam tubuh yang berguna untuk memberi makan bakteri baik di usus.

6. Tepung Beras Merah


Tepung Beras Merah

Tepung ini terbuat dari beras merah yang telah digiling halus. Melansir Healthy Line, tepung ini memiliki rasa yang sedikit lebih pedas dan banyak digunakan sebagai bahan campuran untuk mengentalkan saus atau membuat makanan yang dilapisi tepung roti, seperti ikan dan ayam.

Tepung ini banyak digunakan untuk resep roti dan kue kering dengan mengombinasikannya bersama tepung bebas gluten lainnya. Selain kaya akan zat besi dan vitamin B, magnesium dan mangan, tepung ini juga mengandung senyawa lignan yang dipercaya bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

7. Tepung Kelapa


Tepung Kelapa

Dibandingkan dengan tepung terigu biasa, tepung kelapa memiliki lebih banyak kandungan serat. Tepung ini dibuat dari daging kelapa yang sudah dikeringkan sehingga akan sedikit menghasilkan aroma kelapa. Setiap sendok makan tepung kelapa mengandung serat sebanyak 5 gram.

Melansir Healthy Line, tepung ini menyerap lebih banyak air dibandingkan tepung biasa maupun tepung almond. Tak hanya itu, tepung ini memiliki kandungan asam laurat lemak jenuh yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

Studi menunjukkan jika kadar serat dalam tepung kelapa dapat membantu menjaga kadar gula darah yang sehat. Tepung ini bisa menjadi pilihan yang cocok untuk kamu yang alergi terhadap gluten atau kacang-kacangan.

Ada berbagai macam alternatif tepung bebas gluten yang menyehatkan. Bahkan beberapa di antaranya justru memiliki lebih banyak nutrisi dibanding yang lainnya sehingga bisa kamu jadikan sebagai alternatif untuk membuat makanan.

You can share this post!

Related Posts