Zaskia Adya Mecca Protes Ke Tetangga Yang Suka Bakar Sampah Hingga Tuai Pro Dan Kontra
Instagram/zaskiadyamecca
Selebriti

Zaskia Adya Mecca mengaku kesal dengan tetangganya yang suka membakar sampah di lingkungan rumahnya. Ia pun sering menegur hal tersebut hingga berikan info tentang undang-undang terkait.

WowKeren - Baru-baru ini, Zaskia Adya Mecca membagikan postingan di laman Instagram pribadinya. Dalam postingan tersebut, Zaskia menceritakan keluhannya mengenai tetangganya yang sering membakar sampah di lingkungan rumahnya.

Zaskia mengaku jika dirinya kerap menegur tetangganya yang suka membakar sampah. Hal tersebut lantaran, Zaskia merasa terganggu akan asap hasil pembakaran sampah tersebut.

Ia pun mencurahkan sedikit kekesalannya melalui Instagram. Ia juga menegaskan bahwa larangan membakar sampah ada undang-undangnya. Zaskia pun turut menyelipkan undang-undang terkait hal itu dalam caption unggahannya.

"Ketika lagi foto, orang bawah mendadak bakar sampah... baru mau protes, tapi hasil foto jadi dramatis," tulis Zaskia pada Minggu (25/1). "Iya, ku biasanya kalo ada tetangga bakar sampah suka ku protesin.. karna selain polusi lingkungan (asli buruk sekali efeknya)."

"Dan pas d rumah jakarta krn mepet2, bau ninggal di dalem rumah plus anakku yang asma batuk2 sesak langsung," curhatnya. "Jadi please stop pembakaran sampah apalagi di lingkungan padat.. tanpa disadari ini sangat teramat merugikan tetangga.. apalagi ada penderita asma!"


"Fyi ada undang2nya loh buat yang belum tau. Larangan membakar sampah diatur di Pasal 29 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah (UU Pengelolaan Sampah) yang salah satunya berbunyi," tuturnya. "Setiap orang dilarang membakar sampah yang tidak sesuai dengan persyaratan teknis pengelolaan sampah. Di dalam aturan itu juga disebutkan, bagi pelaku pembakaran sampah terancam sanksi pidana kurungan ataupun denda."

Curhatan hati Zaskia pun banyak mendapatkan respons dari masyarakat. Postingan Zaskia turut menuai pro dan kontra dari kalangan warganet. Pasalnya, warganet yang kontra menganggap jika kita tidak bisa menyamaratakan kebiasaan di desa dan kota.

"Terus kita sbg orang desa, sampahnya di apain dong? Kasih solusinya laah jangan langsung pake embel2 ada sanksi apa lagi pidananya, ntar sampahnya di buang di sungai terus banjir salah juga hm," tulis @kholifatululya**. "Klo d desa mw protes ya d musuh tetangga bia. D katain gg punya tenggang rasa," posting @caniecandi***.

"Mohon maaf bia kalo dikota2 yang notabene perumahan mungkin ada tukang sampah yg dibayar per bulan nya, kalo dikampung enggak ada dari pada menumpuk malah bikin virus & bau yang tidak sedap yaa biasanya mereka membakarnya. Jadi mending ditegur baik2 sajah toh orang kampung tidak semua main Instagram, mereka gak tau soal undang2 yang bia sampaikan," unggah @ikastr**. "Paling bete kalo pas lg jogging/sepedaan hbs subuh ada yg bakar2 sampah. Ngerusak udara yg lagi seger2nya banget," imbuh @rikahan**.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts