Ed Sheeran Pecahkan Rekor Baru di Chart Billboard AS, Berhasil Ungguli John Mayer
Musik

Capaian ini menempatkan Ed sebagai solois pria yang memuncaki chart sepanjang sejarah tangga lagu selama 25 tahun terakhir. Ed sekarang mengungguli rekor John Mayer.

WowKeren - Solois asal Inggris, Ed Sheeran, sukses memecahkan rekor di tangga lagu Billboard AS lewat hit terbarunya "Afterglow". Lagu yang dirilis pada Natal 2020 ini menjadi hit di Top 10 Billboard Adult Pop Airplay.

Capaian ini rupanya menempatkan Ed sebagai solois pria yang berhasil memuncaki Top 10 di AS sepanjang sejarah tangga lagu selama 25 tahun terakhir. Ed sekarang mengungguli rekor John Mayer di Top 10 AS.

Skala kesuksesan Ed di Amerika bisa diukur dalam konteks karir yang relatif singkat karena serangkaian hit dimulai pada tahun 2012. Sementara album debut Mayer dirilis 20 tahun yang lalu.

Ed berada di urutan kedelapan dari semua artis untuk Top 10 Billboard Adult Pop Airplay. Lalu Taylor Swift berada di nomor 23, diikuti oleh Maroon 5 di nomor 26. Ada pula Pink di posisi 17, Kelly Clarkson dan Katy Perry masing-masing menempati urutan 16, sementara Goo Goo Dolls dan Train masing-masing menikmati nomor 14.

"Afterglow" sendiri memulai debut dengan cukup gemilang di nomor 13 Adult Pop Airplay. "Afterglow" bahkan menjadi torehan debut tertinggi yang pernah ada di tangga lagu untuk sebuah lagu dari solois pria.


Sementara itu, Ed Sheeran sendiri menjadi salah satu musisi tersukses saat ini. Terbukti, setelah kurang lebih setahun memilih untuk cuti, pelantun "Shape of You itu" sepertinya tidak akan merugi sebab ia masih menghasilkan 66 juta poundsterling atau sekitar Rp 1,2 triliun.

Menurut catatan perusahaan musik milik Ed, Nathan Cable Touring, di penutupan buku keuangannya pada 31 Maret 2020, diketahui mereka memiliki omzet lebih dari 70 juta poundsterling dan keuntungan sebesar 37 juta poundsterling.

Musisi asal Inggris tersebut mendapatkan keuntungan dari penulisan, rekaman, dan produksi musiknya sekitar 29 juta poundsterling dengan omzet 48,1 juta poundsterling. Itu berarti keuntungan dari kedua perusahaan, Ed meraup 66 juta poundsterling antara April 2019 dan Maret 2020.

Angka-angka kekayaan Ed yang baru dilaporkan itu akan melampaui kekayaan musisi lain termasuk drummer The Beatles, Ringo Starr, dan Keith Richards dari The Rolling Stones.

Keuntungan mengesankan Ed itu bukan hal yang aneh mengingat tur "Divide" yang digelar pada pertengahan 2019 berhasil memecahkan rekor. Tur itu menjadi tur musik berpenghasilan kotor tertinggi dalam sejarah dengan meraup 607 juta poundsterling dari sekitar 255 pertunjukan.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru