EXID Hingga Brave Girls, 6 Lagu Ini Sukses Kembali Masuk Chart Meski Sudah Bertahun-tahun Dirilis
Instagram/exidofficial
Musik

Beberapa lagu tidak mengalami lonjakan popularitas hingga beberapa waktu berlalu setelah dirilis karena berbagai alasan. Fenomena ini dikenal dalam bahasa Korea sebagai 'Yeokjoohaeng'.

WowKeren - Terkadang saat lagu K-pop dirilis, lagu tersebut menjadi hit dan langsung menjadi viral. Namun, beberapa lagu tidak mengalami lonjakan popularitas hingga beberapa waktu berlalu setelah dirilis karena berbagai alasan.

Fenomena ini dikenal dalam bahasa Korea sebagai "Yeokjoohaeng" yang secara harfiah berarti mengemudi secara terbalik. Dalam industri musik, kata ini digunakan ketika lagu-lagu lama mendapatkan popularitas di tangga lagu.


Banyak lagu yang sesuai dengan deskripsi ini langsung terlintas di benak. Brave Girls menjadi salah satu grup yang mengalami fenomena tersebut. Lagu mereka tiba-tiba melonjak naik di chart dan bahkan mendapat julukan “permata tersembunyi” dari fans.

Kesuksesa lagu yang memuncaki chart ini tak hanya berpengaruh pada peringkat mereka di situs musik. Namun beberapa grup yang dulunya kurang mendapat perhatian menjadi diperhitungkan hingga banjir tawaran iklan dan promosi.

Sejauh ini ada banyak lagu yang medapatkan kesuksesan mendadak, jadi berikut ini enam lagu K-pop yang masuk tangga lagu lama setelah dirilis, selanjutnya menjadi viral yang telah tim WowKeren rangkum. Siapa saja? Yuk disimak.

(wk/putr)

1. Brave Girls - 'Rollin''


Brave Girls - 'Rollin''
YouTube/Brave Entertainment

Tahun 2021 mungkin bisa dibilang menjadi salah satu tahun paling berkesan bagi Brave Girls. Pasalnya, grup ini memperoleh kesuksesan yang tak terduga berkat lagu mereka yang berjudul "Rollin'". Lagu tersebut bisa disebut sebagai lagu penyelamat karir yang membuat Brave Girls kembali menjadi sorotan.

Empat tahun setelah dirilis, lagu tersebut melejit di berbagai tangga musik Korea berkat video YouTube yang menunjukkan kompilasi dari berbagai penampilan grup tersebut dari lagu tersebut di kamp militer. Video itu disusun bersama dengan komentar kebanyakan ditulis oleh pria yang menyelesaikan wajib militer mereka.

Kesuksesan Brave Girls berlangsung hingga kini di mana ia kini banjir tawaran iklan dan endorsement. Tak hanya itu, beberapa lagu lawas girl grup ini juga turut menjadi perhatian publik dan perlahan naik chart. Kini grup besutan Brave Brothers itu sedang sibuk mempersiapkan comeback.

2. EXID - 'Up & Down'


EXID - 'Up & Down'
YouTube/EXID_OFFICIAL

Salah satu lagu yang mengalami fenomena "Yeokjoohaeng" paling diingat oleh penggemar K-Pop adalah naiknya lagu EXID “Up & Down” di chart. Munculnya lagu itu setelah peringkat awalnya telah menyelamatkan karier EXID dari beberapa krisis.

Berkat fancam yang berfokus pada Hani yang menampilkan koreografi lagu itu, grup tersebut secara bertahap menaiki tangga musik tidak lama kemudian. Mereka bahkan memenangkan beberapa penghargaan acara musik lima bulan setelah tanggal rilis asli lagu tersebut.

Tak hanya itu, nama EXID juga makin banyak dicari di mana membernya mulai aktif beraktivitas di televisi. Bahkan beberapa member mengungkapkan bahwa nasib grup mereka hampir bubar, beruntung public mulai menemukan kualitas sebetulnya dari EXID.

3. IU - 'Hold My Hand'


IU - 'Hold My Hand'
YouTube/이지금 [IU Official]

Menjadi lagu pertama yang ditulis dan dikomposisikan IU, "Hold My Hand" mengetahui kesuksesan besar saat itu selama rilis awal untuk drama "The Greatest Love" pada tahun 2011. 10 tahun kemudian, OST itu mengalami kenaikan besar di tangga lagu utama Korea.

Bukan tanpa alasan, hal ini disebabkan oleh penampilan langsung IU dari lagu tersebut dari konser tur tahun 2019 yang diunggah di YouTube pada akhir tahun 2020, yang sekali lagi menarik perhatian banyak orang. Lagu itu menduduki peringkat teratas tangga lagu real-time di berbagai situs musik utama di Korea pada tanggal 18 Februari. Lagu ini menempati peringkat sepuluh besar di sebagian besar situs musik utama seperti Musik Melon, Musik Bug, dan Musik Genie.

Sebagai tanggapan, agensi IU merilis video lengkap "Hold My Hand" yang dinyanyikan secara langsung selama konsernya, menarik perhatian sekali lagi di media sosial dan komunitas online. Klip tersebut menunjukkan IU dikelilingi oleh penggemar 360 derajat di konser dan menyanyikan lagu bersama mereka.

4. Oh My Girl - 'Dolphin'


Oh My Girl - 'Dolphin'
YouTube/OH MY GIRL

Oh My Girl juga mejadi salah satu grup yang mengalami fenomena ini. Meskipun trek utama dalam album yang biasanya menjadi sorotan, terkadang trek b-side juga menyelinap di belakangnya dan mengklaim pengakuan.

Begitulah kasus lagu ceria ini yang mengembalikan Oh My Girl ke chart berkat Instagram story yang diposting IU. IU merilis cover singkat dari lagu Oh My Girl "Dolphin" yang membawa lagu tersebut masuk kembali ke tangga lagu. Bahkan, pada tahun 2020, "Dolphin" adalah lagu b-side dengan charting terpanjang di Gaon Digital Chart Top 10 untuk girl grup.

5. LABOUM - 'Journey to Atlantis'


LABOUM - 'Journey to Atlantis'
YouTube/OFFICIAL LABOUM

Semenjak boomingnya lagu Brave Girls “Rollin’”, banyak public yang semakin tertarik dengan lagu-lagu dari girl grup, apalagi yang bertemakan musim panas. Banyak orang yang mulai mencari beberapa lagu yang bisa jadi “permata tersembunyi”. Lagu LABOUM "Journey to Atlantis" menjadi salah satu temuannya.

Perjalanan LABOUM akhirnya dimulai ulang. Meskipun "Journey to Atlantis" selalu dicintai oleh penggemar dan tentara yang bertugas di militer, hal itu tetap tidak diketahui oleh masyarakat umum. Tapi ketika tiba-tiba muncul kembali di tangga musik Korea, itu mengarah pada diskusi tentang girl grup yang melakukan hit yang bangkit kembali ini di acara musik.

6. PENTAGON - 'Shine'


PENTAGON - 'Shine'

Tak hanya terjadi pada girl grup, fenomena ini juga sering dialami oleh boy grup. Banyak orang yang kecewa dan mengaku “tertidur” saat pertama kali rilisnya lagu milik PENTAGON, "Shine". Namun hal itu tak bertahan lama di mana lagu ini akhirnya menerima perhatian yang pantas didapatkan sebulan setelah rilis aslinya.

Lagu yang meriah ini akhirnya berhasil masuk ke dalam 100 chart real-time teratas Melon berkat para idola yang mengulangi poin dansa utama "hammer dance". Tak hanya itu, gerakannya koreografi dan music lagunya juga cukup ikonik hingga banyak disukai masyarakat.

You can share this post!

Related Posts