Kronologi Suami Tasya Kamila Didiagnosa Kanker, Sering Alami Sesak Hingga Batuk Darah
WowKeren/Fernando
Selebriti

Tasya Kamila menceritakan awal mula suaminya, Randi Bachtiar bisa didiagnosa mengidap kanker getah bening stadium 2. Sejak tahun 2020, Tasya mengungkap gejala-gejala aneh yang dirasakan Randi.

WowKeren - Tasya Kamila mencertikan awal mula sang suami, Randi Bachtiar bisa terdiagnosa kanker getah bening. Sebelum dinyatakan mengidap kanker getah bening stadium dua, Randy sering merasakan gejala aneh ini.

"Jadi suami aku, Randi saat ini mengidap penyakit kanker getah bening stadium 2. Kita sebelumnya nggak nyangka juga bisa dalam posisi ini. Awalnya di tahun 2019 Randi sering lari latihan marathon gitu dan sering merasakan sesak," beber Tasya Kamila saat ditemui WowKeren, Senin (10/5).

"Pas malem kebangun dan sering sesak. Kita nggak nyangka berbahaya karena mikir apa karena sering olahraga," sambungnya. "Pas tahun 2020 kemarin, Randi sempet batuk. Kita khawatir dong, awal Covid kan. Kita swab dan hasilnya negatif."

Merasa batuk suaminya tak kunjung sembuh, Tasya pun berinisiatif untuk membawa Randi ke dokter THT guna memastikan keadaannya. "Kita ke dokter THT terus bilang nggak ada gejala infeksi. Tapi kok batuk terus ya sampai ada darah di dahaknya gitu," kata Tasya lagi.

Hingga pada akhirnya, Tasya meminta untuk Randi di CT Scan. Dan benar saja, hal yang ditakutkannya terjadi.


"Nah kita ke dokter paru, kita rontgen ternyata ada massa di dadanya Randi. Kita CT Scan ternyata bener ada massa lumayan besar di dadanya Randi," jelas Tasya. "Untuk make sure kita tanya tumor jinak kah, apakah ganas harus lakukan biopsi."

Diagnosa awal dokter menyatakan bahwa Randi terkena Timoma. Tasya menjelaskan bahwa itu adalah tumor yang berada di kelenjar timus. Letak pastinya berada di belakang tulang dada dan di antara paru-paru.

Mengetahui fakta buruk ini, Tasya dan Randi pun segera mencari informasi tentang kanker tersebut. Mereka bahkan berkonsultasi pada dokter di Singapura. Operasi menjadi salah satu jalan untuk menyembuhkan sakit Randi.

Bersyukurnya, kanker yang tumbuh pada tubuh Randi bisa disembuhkan dengan presentase 85 persen. "Good news-nya penyakit ini bisa disembuhkan dengan persentase 85 persen," ucap Tasya.

Saat disinggung soal penyebab sakit sang suami, Tasya belum bisa memastikan. Namun ia menegaskan jika kanker getah bening stadium 2 tersebut bukanlah penyakit turunan.

"Penyebabya nggak diketahui, muncul gitu aja. Bener-bener kanker yang bukan turunan. Aku anggap hadiah aja dari Allah," pungkas Tasya.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru