Hindari Kecurangan, Paraguay Beri Warganya Akses ke Database Vaksinasi
Dunia
Vaksin COVID-19

Tak hanya mencantumkan nama, database itu juga mencantumkan lokasi orang yang bersangkutan mendapat vaksinasi, jenis vaksin, dan jumlah dosis yang sudah diperoleh.

WowKeren - Paraguay memiliki cara tersendiri untuk membasmi kecurangan terkait vaksin COVID-19. Negara ini menerbitkan nama-nama yang telah divaksin untuk menghentikan penipuan COVID-19.

Ini adalah pendekatan baru yang diambil negara itu di tengah rendahnya vaksinasi dan kewalahan akibat penyebaran virus corona. Paraguay menjadi salah satu negara yang mencatat kematian tertinggi akibat COVID-19.

Bagi mereka yang ingin tahu apakah seorang teman, tetangga, atau anggota elit politik Paraguay termasuk di antara 400.000 orang yang sudah divaksin bisa langsung mengeceknya di situs web Kementerian Kesehatan. Tak hanya mencantumkan nama, database itu juga mencantumkan lokasi orang yang bersangkutan mendapat vaksinasi, jenis vaksin, dan jumlah dosis yang sudah diperoleh. Wakil Menteri Kesehatan Lida Sosa mengatakan jika situs tersebut bisa dijadikan sebagai langkah untuk melakukan monitoring.

"Ini adalah alat untuk pengawasan warga," kata Lida Sosa dalam sebuah wawancara. "Ada orang yang melihat daftar dan melaporkan individu yang divaksinasi yang tidak memenuhi syarat."


Tingkat keterbukaan Paraguay pada umumnya dilarang di banyak negara terkait undang-undang privasi kesehatan yang lebih ketat. Namun mengingat hanya ada dosis yang cukup untuk memvaksinasi 7 persen populasi ditambah dengan budaya korupsi yang mengakar, ada kekhawatiran tentang orang-orang yang ingin mencari celah.

Sebagai informasi, Paraguay menempati peringkat kedua terburuk di Amerika Selatan dalam indeks persepsi korupsi Transparency International 2020. Skandal vaksinasi VIP yang melibatkan pejabat senior pemerintah dan politisi yang menggunakan pengaruh mereka untuk diam-diam mendapatkan suntikan telah mengguncang Argentina, Peru, Lebanon, Spanyol, dan Filipina.

"Karena kami memiliki begitu sedikit vaksin dan orang-orang tidak mempercayai prosesnya, satu-satunya cara Anda dapat memberi mereka kepercayaan diri adalah melalui daftar ini," kata Valentin Sanchez, seorang insinyur perangkat lunak Paraguay. "Orang-orang akan menggunakan pengaruh mereka jika mereka bisa untuk divaksinasi. Kita berbicara tentang situasi hidup atau mati."

Terbatasnya vaksin yang tersedia membuat orang Paraguay yang kaya tidak menunggu. Ribuan orang telah terbang ke Miami atau tempat lain di AS untuk divaksinasi.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts