PLTN di Tiongkok Picu Kekhawatiran Usai Alami Kebocoran di Salah Satu Reaktor
pixabay.com/Ilustrasi: minka2507
Dunia

EDF Prancis mengatakan mereka mengadakan pertemuan dengan mitra Tiongkok setelah tahu terjadi penumpukan gas mulia di salah satu reaktor pembangkit listrik tenaga nuklir Taishan.

WowKeren - Sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir Tiongkok memicu kekhawatiran usia terjadi kebocoran di salah satu reaktor pembangkit listriknya pada hari Senin (14/6). Menanggapi berita ini, Raksasa energi Prancis EDF segera mengadakan pertemuan dengan mitra Tiongkok mereka di hari yang sama untuk membahas persoalan ini.

EDF mengatakan mereka telah mengadakan pertemuan dengan mitra Tiongkok setelah mengetahui adanya penumpukan gas mulia di salah satu reaktor pembangkit listrik tenaga nuklir Taishan yang berlokasi di provinsi Guangdong di utara Hong Kong.

EDF memiliki 30 persen dari usaha patungan yang memiliki dan mengoperasikan pembangkit listrik tenaga nuklir Taishan. Sedangkan perusahaan milik negara China General Nuclear Power Corp memiliki 70 persen lainnya. Melalui sebuah pernyataan di situs mereka, EDF mengatakan jika telah terjadi peningkatan konsentrasi gas mulia di sirkuit utama reaktor.


"EDF telah diberitahu tentang peningkatan konsentrasi gas mulia tertentu di sirkuit utama reaktor n ° 1 (nomor satu) pembangkit listrik tenaga nuklir Taishan," kata perusahaan itu. "Kehadiran gas mulia tertentu di sirkuit primer adalah fenomena yang diketahui, dipelajari dan diatur dalam prosedur operasi reaktor."

Kendati demikian, masih belum diketahui secara pasti lokasi di mana terjadi penumpukan gas. Oleh sebab itu para ahli juga belum bisa memperkirakan seberapa parah masalah yang terjadi saat ini.

Direktur eksekutif Pusat Pendidikan Kebijakan Nonproliferasi yang berbasis di Washington Henry Sokolski mengatakan kepada Al Jazeera jika bejana tekan yang berisi batang bahan bakar tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik maka dapat melepaskan radioaktivitas ke udara.

"Jelas ada beberapa gas yang bocor dari batang bahan bakar, tetapi apakah bejana tekan yang berisi batang bahan bakar juga gagal?" kata Henry. "Dan jika Anda benar-benar tidak beruntung, apakah bangunan penahanan itu gagal? Karena ketika bangunan penahanan gagal, radioaktivitas dapat dilepaskan ke atmosfer dan itu tidak baik."

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts