Digarap Garin Nugroho Dkk, Serial Musikal 'Nurbaya' Berhasil Curi Hati Penonton Lewat Hal Ini
TV

Serial musikal 'Nurbaya' garapan Garin Nugroho telah berhasil mendapatkan perhatian penonton. Mengadaptasi novel klasik karya Marah Rusli, serial ini menyuguhkan hiburan yang berbeda.

WowKeren - Di tengah menurunnya kegiatan karena COVID-19, serial musikal "Nurbaya" yang ditayangkan di saluran YouTube Indonesia menjadi salah satu alternatif hiburan bagi masyarakat. Sejak ditayangkan awal Juli lalu, serial musikal ini telah diputar setidaknya 3 juta penonton di YouTube.

Menjadi salah satu proyek Garin Nugroho, serial ini digarap dengan menggandeng kelompok Teater Musikal Nusantara (TEMAN) dan BOOW Live. Dengan suguhan keindahan visual, aktng dan komposisi musiknya, serial ini dibuat dengan pendekatan teater.

"Setelahnya kami baru memulainya dengan pendekatan film yang banyak sekali bagian dikosongkan untuk diisi proses syuting," ungkap Venytha Yoshiantini dilansir dari Detik Hot saat konferensi pers virtual pada Senin (26/7).

Venytha Yoshiantini sendiri merupakan sutradara teater yang bertanggung jawab atas serial ini dan bekerja sama dengan Naya Anindita sebagai sutradara film. Selama proses pembuatannya, tim produksi telah mendapat banyak masukan dari Garin Nugroho. Dari sang sutradara kondang, mereka diajarkan untuk menyatukan antara film dan teater.


"Kami diajarkan bagaimana cara menyatukan antara film dan teater. Kamera adalah penonton, untuk bloking tetap menggunakan cara teater. Bedanya saja, karya ini ditayangkan di platform online," imbuh Venytha Yoshiantini.

Setidaknya da 23 lagu yang ditampilkan dalam serial musikal "Nurbaya" yang dipengaruhi oleh musik Minan dan pop dari era 70-an. "Ada lagu Koes Plus dari tahun 1970-an, dan musik yang dinyanyikan artis Minang terutama Elly Kasim," kata Ivan Tangkulung selaku komposer musik.

"Nurbaya" sendiri diadaptasi dari novel klasik Sitti Nurbaya: Kasih Tak Sampai karya Marah Rusli. Yang membedakan dengan novel adalah latar belakang serial ini bukanlah di masa penjajahan Belanda melainkan tahun 70-80an. Kemudian beberapa hal disesuaikan dengan situasi-situasi sosial yang ada.

Tak hanya menggandeng wajah-wajah baru seperti Arawinda sebagai Nurbaya, serial ini juga menampilkan Nola Be3 dan Abby Galabby. Hingga saat ini setidaknya sudah ada empat episode yang dirilis dari total enam episode.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel