Ada Varian Delta, Warga AS yang Sudah Divaksin Kembali Harus Pakai Masker di Dalam Ruangan
Unsplash/ Kobby Mendez
Dunia
Pandemi Virus Corona

Sebelumnya, CDC AS sempat menyatakan bahwa warga yang sudah divaksin penuh tidak lagi membutuhkan masker, baik di dalam atau pun luar ruangan dalam beberapa kasus.

WowKeren - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) merekomendasikan agar setiap orang di daerah dengan tingkat penularan COVID-19 yang substansial atau tinggi tetap memakai masker di dalam ruangan (indoor) umum, terlepas apakah mereka telah divaksinasi atau belum. CDC mengutip ilmu baru dari beberapa negara bagian dan negara lain tentang penularan varian Delta dalam merevisi panduan maskernya tersebut.

"Dalam beberapa kesempatan yang jarang terjadi, orang-orang yang sudah disuntik vaksin COVID-19 namun terinfeksi Varian Delta pasca vaksinasi dapat menular dan menyebarkan virus ke orang lain," ujar Direktur CDC Rochelle Walensky pada Selasa (27/7). "Ilmu baru ini mengkhawatirkan, dan sayangnya mengharuskan adanya pembaruan dalam rekomendasi kami."

Menurut Walensky, data baru yang muncul minggu lalu menunjukkan bahwa orang yang telah divaksinasi namun terinfeksi Varian Delta dapat membawa viral load yang sama dengan orang yang tidak divaksinasi dan terinfeksi. Oleh sebab itu, CDC meminta agar orang yang telah divaksinasi tetap memakai masker di tempat umum yang tertutup "untuk membantu mencegah penyebaran varian Delta dan melindungi orang lain".

Meski demikian, Walensky juga mengungkapkan bahwa sebagian besar penularan virus masih terjadi di antara orang-orang yang belum divaksinasi. Karenanya, CDC menilai langkah terbaik ke depannya adalah meningkatkan vaksinasi di mana-mana karena vaksin masih dianggap sangat efektif mengantisipasi penularan.


Walensky menyatakan bahwa risiko orang terpapar COVID-19 dengan gejala dapat berkurang tujuh kali lipat jika mereka divaksinasi lengkap. Risiko rawat inap juga berkurang hingga 20 kali lipat.

"Vaksinasi terus mencegah penyakit parah, rawat inap dan kematian, bahkan dengan delta. Ini juga membantu mengurangi penyebaran virus di komunitas kami," tegasnya. "Individu yang divaksinasi terus mewakili jumlah penularan yang sangat kecil yang terjadi di seluruh negeri."

Selain itu, CDC juga merekomendasikan sekolah-sekolah untuk kembali menerapkan aturan masker universal. Diketahui, panduan sebelumnya menyebutkan bahwa siswa dan staf yang telah divaksinasi penuh sudah boleh tak mengenakan masker di sekolah.

"CDC merekomendasikan daerah untuk mendorong penggunaan masker dalam ruangan untuk semua guru, staf, siswa, dan pengunjung ke sekolah, terlepas dari status vaksinasi," demikian ringkasan panduan baru CDC. "Anak-anak harus kembali ke pembelajaran tatap muka penuh waktu di musim gugur dengan strategi pencegahan yang tepat."

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts