Atlet Karate Rusia Terpaksa Mundur Dari Olimpiade Tokyo 2020, Usai Terkonfirmasi Positif COVID-19
olympic.org
Dunia

Meski digelar di tengah pandemi dan tanpa penonton, Olimpiade Tokyo 2020 berlangsung meriah dan tidak mengurangi ambisi para atlet untuk memenangkan medali emas. Akan tetapi, COVID-19 di Olimpiade juga terus bertambah.

WowKeren - Kabar kurang mengenakkan datang dari Olimpiade Tokyo 2020. Adapun kabar itu datang dari atlet karate asal Rusia, Anna Chernysheva yang dinyatakan positif COVID-19. Dengan begitu, ia tidak bisa melanjutkan pertandingan di Olimpiade.

Melalui media sosial, Federasi Karate Rusia mengatakan bahwa Anna tidak akan dapat bersaing memperebutkan medali di Olimpiade Tokyo 2020, lantaran hasil dari tesnya menunjukkan poitif COVID-19. Hasil ini diketahui dari tes kedua yang dilakukannya.

Atlet berusia 19 tahun itu diketahui merupakan satu-satunya atlet karate yang dikirim oleh tim Komite Olimpiade Rusia di Tokyo. Anna dijadwalkan akan bertanding pada Kamis (5/8) besok dalam kategori kumite 55 kg putri. Pertandingan ini merupakan hari pertama bagi cabang olahraga (cabor) karate. Karate sendiri merupakan cabor terbaru dalam Olimpiade Tokyo 2020.

Namun sangat disayangkan pada pertandingan pertama itu, Anna tidak dapat mengikuti lantaran positif COVID-19. Ia pun diharuskan melakukan karantina dan perawatan agar segera pulih.


Selain Anna, ada juga atlet angkat besi asal Aljazair, Walid Bidani yang telah mengundurkan diri dari Olimpiade di nomor di atas 109 kg putra pada Rabu (4/8) hari ini. Ia disebut mengundurkan diri lantaran terkait dengan kesehatannya yang mengharuskan karantina. Meski demikian, dari keterangan yang diterima pihak penyelenggara Olimpiade, tidak disebutkan penyebabnya.

Seperti yang diketahui, Olimpiade Tokyo 2020 digelar di tengah pandemi COVID-19. Selain itu, angka kasus COVID-19 di Tokyo, Jepang, pun dinilai masih tinggi.

Hal itu sempat mendapat kecaman dari warga Tokyo dan meminta untuk membatalkannya. Akan tetapi, pihak penyelenggara bersikeras tetap menggelar Olimpiade Tokyo 2020 itu yang berakhir pada 8 Agustus mendatang. Hal ini dikarenakan sebelumnya, telah ditunda selama satu tahun akibat pandemi juga.

Sementara itu, kondisi COVID-19 saat ini di Olimpiade Tokyo terus bertambah, dan telah mencapai hampir 300 kasus. Meski demikian, angka itu dinilai tergolong rendah jika dibanding dengan rekor kasus virus COVID-19 di Tokyo dan penjuru Jepang belakangan ini.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait