Dicover 5 Tahun Lalu, Tina Toon Kini Digugat Rp 10,7  Miliar Terkait Hak Cipta Lagu 'Bintang'
Instagram/tinatoon101
Selebriti

Tersandung kasus dugaan pelanggaran hak cipta lagu, Tina Toon digugat oleh Engkan Marikan sebesar Rp 10,7 miliar terkait lagu 'Bintang' yang sempat dicover Tina pada 5 tahun lalu.

WowKeren - Tina Toon mendadak terseret kasus dugaan pelanggaran hak cipta lagu. Hal itu rupanya karena lagu berjudul "Bintang" yang pernah di-cover Tina Toon pada 5 tahun lalu.

Engkan Herikan sebagai pencipta dari lagu "Bintang" yang pernah dipopulerkan band Anima itu tak terima lagunya dibawakan dan namanya diubah untuk lagu tersebut. Karena itu, ia akhirnya memutuskan untuk menggugat Tina Toon.

Kabar Engkan Herikan menggugat Tina Toon pun dibenarkan oleh kuasa hukumnya. "Jadi memang benar mewakili klien kami Engkan Herikan mengajukan gugatan perbuatan melawan hukum di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat terhadap beberapa orang," ujar M. Iqbal Arbianto selaku kuasa hukum Engkan, dikutip dari YouTube KH Infotainment.

"Intinya klien kami (Engkan Herikan) merasa dirugikan karena lagu yang diciptakan klien kami, lagu 'Bintang' yang dipopulerkan band Anima, dibawakan dan diubah nama penciptanya, yang seharusnya nama klien kami, Engkan Herikan, diubah menjadi nama pihak lain," sambungnya.

Tak hanya Tina Toon, Engkan Herikan juga menggugat label musik yang menaungi Tina dan beberapa pihak lainnya. Diungkap M. Iqbal Arbianto, Tina disebut pernah satu kali menghadiri persidangan, sedangkan selebihnya diwakili kuasa hukum.


Dalam gugatan yang telah didaftarkan sejak Februari 2021 lalu itu, pihak penggugat menuntut ganti rugi materiil dan immateriil dengan total yang fantastis. Pasalnya Engkan Herikan menuntut ganti rugi sebesar Rp 10,7 miliar.

Klien kami sebagai penggugat dirugikan dari hak moral dan hak ekonominya. Jadi klien kami menuntut di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat dengan nominal kurang lebih Rp 750 juta kerugian materil dan Rp 10 miliar kerugian immateriil," pungkas M. Iqbal Arbianto.

Kabar Tina Toon digugat rupanya turut dibagikan oleh sejumlah akun Instagram. Salah satunya adalah akun @nenk_update. Di situ, banyak netter memberikan komentarnya terkait kabar Tina Toon digugat.

Netter rupanya menanggapi sinis mendapati kabar Tina Toon digugat Rp 10,7 miliar. Namun bukan pada Tina Toon, melainkan pada Engkan Herikan lantaran dinilai sengaja mencari panggung. Pasalnya, Engkan Herikan dinilai terlambat dalam melayangkan gugatannya.

"Di cover 5 tahun lalu digugat thn 2021," tulis akun @sa*****00. "Nyari panggung kah itu kmrn 5 tahun kmna aja," sambung akun @an*****ic.

"Kenapa gak dr dulu woooy," seru akun @ri*****di. "Butuh duit," timpal akun Instagram @ch*****an.

(wk/enyk)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru