Joe Biden Teken Perintah Rilis Dokumen 9/11
Dunia

Joe Biden menyatakan bahwa itu merupakan bagian dari komitmennya ketika mencalonkan diri sebagai presiden, untuk memastikan transparansi dokumen terkait serangan 9/11.

WowKeren - Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah menandatangani perintah eksekutif yang menyerukan pemerintahannya untuk meninjau dan mendeklasifikasi beberapa dokumen yang berkaitan dengan serangan teror 11 September 2001. Perintah tersebut ditandatangani pada hari Jumat (3/9) waktu setempat.

Dokumen tersebut berasal dari penyelidikan FBI atas serangan terhadap World Trade Center di New York City, Pentagon di Arlington, Va., dan jatuhnya Penerbangan 93 di Stonycreek Township, Pa., yang menewaskan hampir 3.000 orang.

Biden melalui sebuah pernyataan menyatakan bahwa itu merupakan bagian dari komitmennya. Menurutnya, ketika mencalonkan diri sebagai presiden, ia akan memastikan transparansi dokumen jika sudah terpilih menjadi presiden nantinya.

"Ketika saya mencalonkan diri sebagai presiden," ujar Biden. "Saya membuat komitmen untuk memastikan transparansi mengenai deklasifikasi dokumen pada serangan teroris 11 September 2001 di Amerika."


Dia mengatakan melalui instruksi eksekutif itu akan memerintahkan Departemen Kehakiman dan lembaga terkait lainnya untuk meninjau dokumen dan merilis informasi yang tidak diklasifikasikan selama enam bulan ke depan. Pengumuman itu datang satu minggu menjelang peringatan 20 tahun serangan.

"Kita tidak boleh melupakan rasa sakit abadi dari keluarga dan orang-orang terkasih dari 2.977 orang tak berdosa," kata Biden lagi. "Yang tewas dalam serangan teroris terburuk di Amerika dalam sejarah kita."

Lebih lanjut, ia juga turut menyampaikan bela sungkawa terhadap rasa kehilangan yang dialami oleh keluarga korban. Ia menyatakan bahwa itu akan menjadi bagian dari sejarah yang tak terlupakan.

"Hati saya terus bersama keluarga 9/11 yang menderita, dan pemerintahan saya akan terus terlibat dengan hormat dengan anggota komunitas ini," kata Biden lagi. "Saya menyambut suara dan wawasan mereka saat kami memetakan jalan ke depan."

Sebelumnya, para korban selamat, responden pertama, dan keluarga korban telah menekan pemerintah AS untuk merilis dokumen terkait serangan tersebut. Banyak yang percaya informasi itu akan menunjukkan hubungan antara pemerintah Arab Saudi dan mereka yang berada di balik serangan itu.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait