Najwa Shihab Komentari Penyambutan Saipul Jamil, Hal Ini yang Ditakutkan
Instagram/najwashihab
Selebriti

Atas pembebasan Saipul Jamil yang seolah dirayakan ini, Najwa Shihab dalam captionnya menulis bahwa sambutan tersebut dapat berpotensi membuat publik maklum atas aksi kekerasan yang dilakukannya.

WowKeren - Najwa Shihab turut menyoroti penyambutan terhadap pedangdut Saiful Jamil yang telah mendekam di penjara selama 5 tahun karena kasus kasus kekerasan seksual terhadap remaja dan suap panitera. Diakui Najwa Shihab, ada hal yang dia khawatirkan.

Hari ini, Minggu (5/9), Najwa Shihab membagikan postingan di akun Instagram miliknya. Pembawa acara "Mata Najwa" tersebut mengunggah video berjudul "Glorifikasi dan Bahaya Normalisasi Kekerasan Seksual".

Video berdurasi 3 menit 19 detik itu menunjukkan momen-momen saat Saipul Jamil keluar dari Lapas Cipinang. Pemilik nama lengkap Jamaluddin Purwanto itu disambut karangan bunga hingga dielu-elukan saat menaiki mobil Ferrari.

Atas pembebasan Saipul Jamil yang seolah dirayakan ini, Najwa Shihab dalam captionnya menulis bahwa sambutan tersebut dapat berpotensi membuat publik maklum atas aksi kekerasan yang dilakukan artis 41 tahun itu terhadap korban.


"'Merayakan' bebasnya pedangdut Saipul Jamil setelah lima tahun mendekam di penjara bukan perkara sembarangan. Perilaku ini lama kelamaan bisa membuat 'pemakluman' atas kekerasan seksual terhadap dua remaja yang dilakukannya," tulis Najwa Shihab.

Ia melanjutkan, "Yang gak kalah bahaya, orang-orang bisa gak malu lagi kalau melakukan kekerasan seksual. Selain itu, perilaku ini juga bisa bikin orang-orang jadi merasa 'biasa' melihat para pelaku kekerasan seksual,"

Lebih jauh, glorifikasi pembebasan Saipul Jamil yang dipertontonkan di media juga dapat memicu para korban kekerasan seksual untuk takut berbicara. "Belum lagi hal ini juga bisa membuat korban semakin takut buat berbicara dan terbuka. Hadeh," sambungnya.

Postingan Najwa Shihab soal bebasnya Saipul Jamil langsung mengundang beragam reaksi publik. Musisi Ari Lasso pun tak ketinggalan menyematkan komentar bernada prihatin. "Disambut kalungan bunga," tulis Ari Lasso sambil membubuhkan emotikon menangis.

(wk/dewi)

You can share this post!

Related Posts