Birthday Spotlight: Happy Shindong Day
Selebriti

Birthday Spotlight pekan ini hadir dalam rangka merayakan ulang tahun Shindong Super Junior yang jatuh pada Selasa (28/9) lalu. WowKeren akan mengulas tuntas perjalanan karier hingga rencana masa depan pemilik nama asli Shin Dong Hee tersebut.

WowKeren - Shindong Super Junior baru saja merayakan ulang tahun ke-36 (perhitungan umur internasional) yang jatuh pada Selasa (28/9) lalu. Kali ini Birthday Spotlight akan hadir menemani pembaca setia WowKeren untuk mengupas tuntas perjalanan hidup sang lead dancer dan komedian grup legenda tersebut.

Sosok Shindong tentunya sudah akrab di benak para pecinta musik Korea. Pasalnya sang penyanyi menjadi salah satu penari andalan dan member yang paling menghibur di Super Junior. Selain berkarier sebagai idol, ia juga dikenal dengan kemampuannya memandu acara dan memeriahkan suasana variety show.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, yuk intip perjalanan karier Shindong dari sebelum debut hingga menjadi penyanyi dan selebriti papan atas seperti sekarang ini.

(wk/inta)

1. Pra Debut


Pra Debut

Shindong dilahirkan dengan nama Shin Dong Hee di Suwon, Provinsi Gyeonggi, 28 September 1985. Meski banyak yang mengira ia anak tunggal, rupanya sang idol mempunyai adik perempuan bernama Ahn Da Young.

Sudah mencintai seni tari sejak kecil, Shindong mengikuti Kontes Tari Pemuda Goyangsi 2002 dan keluar sebagai pemenang utama. Tak berhenti sampai di sana, ia memenangkan sejumlah kontes bukan hanya tari melainkan sebagai komedian.

Pada tahun 2005, Shindong menandatangani kontrak dengan SM Entertainment setelah memenangkan SM Best Youth Contest sebagai komedian terbaik. Beberapa bulan menjadi trainee, ia dimasukkan ke dalam grup rotasi Super Junior generasi pertama yakni Super Junior 05.

2. Debut


Debut

Shindong memulai debutnya sebagai member boy grup 12 orang bernama Super Junior 05 pada tanggal 6 November 2005. Ia memilih nama Shindong sebagai nama panggung karena jika menggunakan nama lahirnya akan kedengaran mirip dengan Lee Donghae.

Super Junior 05 yang direncanakan sebagai generasi pertama debut dengan lagu berjudul "Twins (Knock Out)". Album yang dirilis pada 5 Desember 2005 tersebut debut di peringkat tiga tangga album bulanan MIAK K-Pop. Pada Maret 2006, setelah Kyuhyun masuk hingga mereka melepaskan embel-embel 05 dari nama grup.

Sejak debut, Shindong sudah menjajal peruntungan sebagai MC dan berhasil di sana. Ia sukses membentuk trio MC "M!Countdown" bersama dengan Leeteuk dan Kangin dari 2005 sampai dengan Agustus 2007.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Bersama dengan Super Junior, ketenaran Shindong semakin melejit sejak meluncurkan lagu hits "Sorry, Sorry" pada tahun 2009 dan membuat SuJu kian dikenali hingga keluar Korea. Mengikuti kesukesan "Sorry, Sorry" maka grup ini menggelar tur konser berskala Asia yakni Super Show 2.

Super Junior kemudian mendapatkan pengakuan internasional setelah sejumlah rilisan seperti "Bonamana" hingga "Mr. Simple". Dengan kesuksesan yang semakin menanjak, Shindong juga semakin terkenal sebagai salah satu member boy grup yang menyebarluaskan hallyu wave. Puncak karier Shindong sebagai member Super Junior ialah dengan ambil bagian dalam tur dunia Super Show 4 yang diselenggarakan di 10 kota selama 2011 sampai dengan 2012.

Setelah itu, kesuksesan semakin mengikuti hingga Super Junior mengadakan tur Super Show 7 dan tak berhenti. Bahkan album mereka "Sexy, Free & Single" berhasil menembus Billboard Wolrd Albums di peringkat ketiga pada 2012. Di ulang tahun Super Junior ke-10, SM Entertainment mengumumkan bahwa Super Junior memiliki label manajemen sendiri yakni Label SJ.

4. Hubungan Asmara


Hubungan Asmara

Shindong sudah dua kali gagal menikah. Ia adalah salah satu member Super Junior yang terbuka soal hubungan asmaranya dan diketahui sudah mempunyai pacar sejak lama. Namun hubungannya dengan seorang non-seleb harus kandas pada 2014 lalu.

Hubungan Shindong dengan mantan kekasih non-selebriti tersebut berakhir padahal ia bermaksud menikahi sang gadis. Hal itu dikarenakan kedua belah pihak keluarga terbebani sejak ia berbicara tentang Sankyunrae (pertemuan formal antara dua keluarga besar sebelum menikah) padahal hanya melakukan pertemuan ringan.

Setelah pertunangannya gagal, Shindong mengumumkan bahwa ia berpacaran dengan model Kang Shin Ae pada tahun 2015. Namun mereka akhirnya berpisah setelah empat bulan menjalin hubungan spesial.

5. Kontroversi


Kontroversi

Kontroversi Shindong yang paling baru ialah ketika ia mengomentari kemampuan Bahasa Korea Shuhua (G)I-DLE dalam sebuah acara bersama dengan Jang Sung Kyu. Kala itu, member (G)I-DLE menjadi bintang tamu dalam acara "Ask Us Anything" pada awal 2020 lalu.

Meski komentar Shindong dan Jang Sung Kyu bermaksud bercanda, ucapannya dinilai merupakan bagian dari xenophobia. Seperti diketahui, Shuhua adalah idol asal Taiwan dan memiliki keturunan Tiongkok. Atas hal itu, Shindong dituntut untuk meminta maaf.

Bukan hanya saat itu saja, Shindong juga pernah tersandung kontroversi terkait komentarnya tentang berat badan perempuan. Namun Shindong sudah meminta maaf atas kesalahannya.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Saat ini, Shindong tengah disibukkan dengan proyek solo seperti menjadi MC atau bintang variety show. Meski begitu, ia tidak meninggalkan kariernya sebagai penyanyi di mana Super Junior masih aktif merilis lagu. Terakhir kali, boy grup senior tersebut merilis album Jepang berjudul "Star" pada Januari 2021.

Shindong masih aktif sebagai member spesial "Ask Us Anything" dan sejumlah variety show. Salah satunya adalah "Great Escape" yang sudah berjalan selama empat musim. Pada tahun 2021 ini, Shindong menjadi tuan rumah sejumlah variety show seperti "Friends", "Love Master" dam "Love Affair 2".

Untuk rencana masa depan Shindong, bersama dengan Super Junior bermaksud untuk terus aktif menghasilkan musik dan melakukan banyak konser. Bahkan pada anniversary ke-15, mereka mengatakan ingin menggelar konser 19+ dan Super Show di surga.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru