Tiongkok Izinkan Warga Beijing Terima Booster COVID-19 Jelang Olimpiade Musim Dingin 2022
olympics.com
Dunia

Pemerintah setempat menawarkan 3 jenis vaksin buatan dalam negeri untuk booster. Langkah ini demi mencegah terjadinya penularan COVID-19 selama pelaksanaan olimpiade.

WowKeren - Beijing, Tiongkok sudah menerima tongkat estafet untuk pelaksanaan Olimpiade Musim Dingin pada 2022 mendatang. Tentu saja persiapan ketat harus dilakukan karena olimpiade berlangsung di tengah pandemi COVID-19.

Termasuk dengan mengizinkan penduduk Ibu Kota Tiongkok itu untuk menerima dosis ketiga alias booster vaksinasi COVID-19. Izin ini turun mulai Jumat (22/10) waktu setempat, atau sekitar 3 bulan sebelum olimpiade digelar.

Otoritas mengungkap syarat-syarat penerima vaksinasi dosis ketiga ini. Yang pertama adalah orang dewasa dengan usia di atas 18 tahun yang sebelumnya telah menerima dua dosis vaksin COVID-19 buatan Tiongkok. Lalu kelompok lain yang berhak menerima adalah mereka yang termasuk kategori risiko tinggi.

Kategori risiko tinggi ini pun bukan semata lansia atau mereka dengan komorbid. Panitia penyelenggara, partisipan, hingga pekerja di venue Olimpiade Musim Dingin Beijing termasuk dalam kategori risiko tinggi sehingga harus segera menerima suntikan booster.


Namun dosis tambahan ini baru bisa diberikan dalam interval 6 bulan setelah penyuntikan dosis terakhir vaksin COVID-19. Izin ini pun, dijelaskan pejabat setempat, sengaja diambil jelang persiapan pelaksanaan Olimpiade Musim Dingin di Beijing.

Olimpiade ditambah dengan masuknya musim dingin dikhawatirkan dapat memicu kenaikan transmisi atau penularan virus Corona, terutama di antara orang-orang yang berada di dalam sebuah ruangan. Sedangkan sebenarnya daerah-daerah Tiongkok di luar Beijing pun sudah mulai melakukan vaksinasi dosis ketiga.

Pemerintah menawarkan tiga jenis vaksin produksi dalam negeri, Sinovac, CanSino Biologics, dan Sinopharm untuk kebutuhan vaksinasi booster ini. Sedangkan hingga kini 97 persen orang dewasa di Beijing sudah divaksin.

Vaksinasi bukan satu-satunya senjata melindungi diri dari paparan COVID-19 selama pelaksanaan Olimpiade Musim Dingin Beijing. Panitia juga sedianya melarang penonton asing masuk ke venue, kebijakan yang tak berlaku untuk penonton dalam negeri. Olimpiade Musim Dingin Beijing digelar mulai 4-20 Februari 2022.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru