Malaysia Cabut Larangan Pekerja Migran, Siap Buka Perbatasan untuk Turis Asing
pixabay.com/Ilustrasi/peterng1618
Dunia

Mulai November, Malaysia akan mengizinkan pelancong mengunjungi Langkawi. Ini merupakan pertama kalinya negara itu membuka pintu untuk turis asing sejak awal pandemi.

WowKeren - Semakin tinggi tingkat vaksinasi maka akan semakin cepat mendorong pemulihan ekonomi dengan dibukanya perbatasan negara. Malaysia salah satunya. Dengan tingkat vaksinasi yang menyentuh angka 90 persen negara ini kian berani membuka perbatasannya.

Kekinian, pemerintah Negeri Jiran akan mengizinkan para pekerja asing untuk kembali ke negara itu. Tentu saja, ini merupakan kabar gembira bagi mereka mengingat sudah 16 bulan absen karena pandemi COVID-19.

Pengumuman itu disampaikan oleh Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob dalam sebuah pernyataan. pada hari Jumat (22/10). Kabar gembira tak cukup sampai di situ. Pemerintah juga akan mengizinkan beberapa turis kembali ke pulau resort Langkawi.

Kesepakatan yang dicapai oleh gugus tugas pandemi pemerintah terkait pekerja asing ini telah dinanti-nanti oleh sektor-sektor vital. Beberapa di antaranya seperti perkebunan kelapa sawit dan manufaktur sarung tangan karet, yang memang mengandalkan tenaga kerja migran.


"Pansus Penanggulangan Pandemi hari ini menyepakati usulan prosedur operasi standar masuknya tenaga kerja asing ke Malaysia," kata PM. "Terutama untuk memenuhi kebutuhan sektor perkebunan."

Sedangkan mengenai berapa kuota maksimal pekerja migran yang diperbolehkan masuk masih menunggu ketentuan lebih lanjut saat ini. Begitu juga dengan tanggal pastinya, yang kini telah dipertimbangkan.

Diketahui, Malaysia memang banyak bergantung pada pekerja migran. Sebanyak 2 juta pekerja migran terdokumentasi untuk memproduksi segala sesuatu mulai dari sarung tangan hingga suku cadang iPhone. Sebelumnya pada September, pemerintah mengatakan akan memprioritaskan kembalinya 32.000 pekerja ke sektor perkebunan untuk meredakan krisis tenaga kerja yang parah.

Sementara itu, Malaysia juga akan membuka pintu bagi pelancong asing yang hendak berlibur ke negaranya. Mulai pertengahan November, Malaysia akan mengizinkan pelancong mengunjungi pulau liburan tropis Langkawi. Ini merupakan pertama kalinya negara itu membuka pintu untuk turis asing sejak awal pandemi.

Namun dengan catatan, Malaysia hanya akan menargetkan turis yang divaksinasi, dan yang memiliki indikasi mampu membantu meningkatkan ekonomi. Namun, masih belum jelas bagaimana wisatawan seperti itu akan menjadi sasaran.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru