Sejak Dibuka Kembali Secara Bertahap, Thailand Miliki Lebih Dari 20 Ribu Pengunjung Asing
AFP
Dunia

Thailand saat ini telah kembali membuka perjalanan bagi pengunjung asing. Hingga saat ini, jumlah pengunjung asing ke Thailand sudah ada sekitar lebih dari 20 ribu wisatawan mancanegara.

WowKeren - Selama pandemi COVID-19 berlangsung di negara-negara dunia, mempengaruhi segala kegiatan yang ada. Salah satunya adalah pariwisata.

Banyak negara di dunia yang memutuskan untuk membatasi perjalanan asing yang hendak ke negaranya untuk berwisata lantaran mencegah penyebaran COVID-19. Seperti yang dilakukan oleh Thailand, sempat menutup perjalanan asing dan tempat wisata untuk menekan angka penyebaran COVID-19.

Namun, pada Oktober lalu, Thailand memutuskan untuk membuka tempat wisata bagi pengunjung asing secara bertahap. Kini, sudah ada lebih dari 20 ribu pengunjung asing yang mengunjungi Phuket dan Samui untuk berwisata. Hal ini berdasarkan dari data Kementerian Pariwisata Thailand, per Selasa (23/11).

Seperti yang diketahui, Phuket dan Samui menjadi tempat pariwisata melalui program percontohan pariwisata di masa pandemi COVID-19. Skema ini diluncurkan menjelang pembukaan kembali bebas karantina negara Asia Tenggara (ASEAN) yang lebih luas pada 1 November lalu.


Adapun tujuan dari dibukanya kembali tempat wisata di Thailand itu adalah untuk memulai kembali sektor pariwisata yang dinilai penting dalam kemajuan perekonomian. Selama pandemi berlangsung, sektor pariwisata disebut mengalami "kehancuran".

Pada periode Januari hingga Oktober 2021, tercatat ada sekitar 106.117 turis asing yang datang ke Thailand. Meski demikian, angka ini masih turun tajam dari 6,7 juta yang tercatat pada awal 2020 sebelum pembatasan bagi pengunjung asing yang ketat diberlakukan dalam upaya menekan angka kasus COVID-19.

Sementara itu, Badan Perencanaan memperkirakan hanya akan ada 200 ribu wisatawan asing yang datang ke Thailand pada tahun ini, dan lima juta pengunjung pada tahun depan. Hal tersebut dibandingkan dengan 40 juta pendatang asing yang mebghabiskan 1,91 triliun Baht atau setara dengan Rp823,5 triliun pada 2019.

Akan tetapi, ada yang disayangkan dari pembukaan kembali bagi wisatawan asing ke Thailand. Pada awal pembukaan perjalanan tersebut, banyak juga imigran gelap yang turut memasuki Thailand secara diam-diam.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait