Universal Ikuti Jejak Disney Hingga Sony Tarik Rilis Film di Rusia Imbas Invasi ke Ukraina
pixabay.com/Ilustrasi/mermyhh
Film

Langkah Universal ini mengikuti jejak Disney, Sony, Paramount, dan Warner Brothers yang mengumumkan untuk menghentikan rilis film sampai batas waktu yang belum ditentukan.

WowKeren - Dampak perang antara Rusia dan Ukraina rupanya telah merambah sektor hiburan. Betapa tidak, sejumlah studio Hollywood telah mengambil keputusan untuk menunda rilis film mereka di Rusia.

Kekinian, ada Universal yang menjadi studio Hollywood terbaru yang menghentikan jadwal perilisannya di Rusia. Selasa (1/3) sore, studio mengumumkan rencana untuk menghentikan sementara penayangan dua fitur yang akan datang di Rusia karena invasi negara tersebut ke Ukraina.

DreamWorks Animation milik Universal memiliki jadwal tayang untuk "The Bad Guys" di Rusia pada 24 Maret, sementara "Ambulance" Michael Bay akan menyusul pada 7 April. Kini, kedua film tersebut telah dihapus dari jadwal rilis di Rusia.

Juru bicara Universal dalam sebuah pernyataan yang diperoleh The Hollywood Reporter mengatakan, "Menanggapi krisis kemanusiaan yang sedang berlangsung di Ukraina, Universal Pictures telah menghentikan rilis teater yang direncanakan di Rusia."


Langkah Universal ini mengikuti jejak Disney, Sony, Paramount, dan Warner Brothers yang sebelumnya telah mengumumkan niat mereka untuk menghentikan rilis film sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan. Disney dalam pernyataan mereka mengatakan jika invasi Rusia yang tidak beralasan membuat mereka mengambil langkah demikian.

"Mengingat invasi Ukraina yang tidak beralasan dan krisis kemanusiaan yang tragis," bunyi pernyataan Disney. "Kami menghentikan perilisan film teater di Rusia, termasuk Turning Red dari Pixar yang akan datang."

Selanjutnya, Disney akan terus memantau kondisi di sana. Disney juga mengatakan bahwa mereka tengah bekerja sama dengan LSM untuk membantu para pengungsi.

"Kami akan membuat keputusan bisnis di masa depan berdasarkan situasi yang berkembang," lanjut mereka. "Sementara itu, mengingat skala krisis pengungsi yang muncul, kami bekerja dengan mitra LSM kami untuk memberikan bantuan mendesak dan bantuan kemanusiaan lainnya kepada para pengungsi."

Selain aksi dari studio Hollywood, Akademi Film Ukraina mengajukan petisi untuk memboikot industri film Rusia. Menurut mereka hal itu bisa saja digunakan sebagai ajang untuk penyebaran pesan propaganda.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel