Antrean Panjang Terjadi Jelang Gerai Tutup, Orang Rusia Jual Kembali McD Lebih Mahal Secara Online
Unsplash/a befendo
Dunia

Imbas tekanan sanksi secara global terhadap Rusia imbas invasi kepada Ukraina membuat sejumlah gerai makanan impor memilih untuk tutup. Salah satunya adalah McDonald's.

WowKeren - Gerai McDonald's untuk sementara diketahui menarik diri dari Rusia di tengah meningkatnya reaksi global atas invasi yang dilakukannya terhadap Ukraina.

Pengumuman penutupan gerai makanan cepat saji ini lantas memicu orang Rusia berbondong-bondong menuju gerainya yang ada di seluruh negeri.

Adapun sekitar 850 total gerai yang ada di Rusia itu mengalami antrean panjang hingga di luar lengkungan emas yang terkenal untuk satu kali makan bahagia terakhir sebelum toko tutup. Selain itu, antrean panjang di gerai McD itu juga memicu terjadinya kemacetan lalu lintas di lokasi tertentu.

Antrean panjang yang terjadi di gerai McD itu lantas mengingatkan kejadian serupa saat restoran makanan cepat saji itu untuk pertama kalinya memasuki Uni Soviet pada 31 Januari 1990 silam, di Pushkin Square, pusat kota Moskow.


Mengingat gerai McD di Rusia yang diperkirakan akan menutup ratusan gerainya dalam waktu yang lama, hal ini lantas dimanfaatkan oleh sejumlah orang untuk memborong menu yang ada. Selain itu, kelangkaan yang tiba-tiba juga menciptakan peluang untuk menghasilkan uang dengan cepat.

Dalam semalam, muncul orang-orang Rusia yang menjual menu makanan McD secara online, namun dibanderol dengan harga yang jauh lebih mahal. Scalper dengan mudah menaikkan harga jual menjadi 1.000 persen dan lebih banyak lagi.

Bahkan untuk bisa menikmati segelas "terakhir" Coca-Cola yang dikeluarkan oleg gerai McD, pembeli harus merogoh koceh hingga 14,99 Dollar Singapura atau setara Rp154 ribu. Menurut situs web McDonald's Rusia, harga ini diketahui mengalami kenaikan harga sekitar 18 kali lipat, di mana harga biasanya haya 0,79 Dollar Singapura atau setara dengan Rp8.300-an.

Penjual pun berlomba-lomba mempromosikan menu McD yang dijualnya secara online, hingga mengklaim bahwa makanan cepat saji itu masih hangat. Sejauh ini, harga menu McD yang dijual secara online berkisar antara 395,22 hingga 494,02 Dollar Singapura atau setara dengan Rp4,1 juta hingga Rp5,2 juta.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait