Ibu Negara Ukraina Bagikan Surat Terbuka, Sampaikan Peringatan Dampak Bila Putin Tak Dihentikan
Instagram/zelenskiy_official
Dunia

Banyak media yang menunjukkan potret gambaran keputusasaan dari masyarakat Ukraina akan invasi Rusia. Namun Ibu Negara tetap optimis bisa menang melawan Rusia.

WowKeren - Ibu Negara Ukraina Olena Zelenska menyampaikan kepada dunia melalui surat terbuka terkait dengan bagaimana kehidupan dapat berubah secara instan. Hal ini juga disebut sebagai peringatan yang ia harapkan dari dunia akan perhatian terhadap Ukraina yang saat ini dikepung oleh Rusia.

Istri dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy itu menyampaikan "Surat Terbuka kepada Media Global" melalui akun Instagramnya yang panjang. Dalam surat tersebut, ia menyampaikan rasa terima kasih kepada semua orang atas bantuan kemanusiaan yang telah diberikan kepada Ukraina.

Zelenska lantas menyinggung kembali awal mula perang di Ukraina bisa terjadi. Ia lantas mengingatkan kepada seluruh kepala negara, khususnya Uni Eropa untuk tidak lengah, sehingga hal serupa tidak kembali terulang.

"Minggu lalu bagi saya dan orang-orang saya, ini akan tampak seperti berlebihan, tetapi itulah kenyataan yang kita jalani hari ini," ujar Zelenska, dilihat pada Kamis (10/3). "Dan kita tidak tahu berapa lama itu akan bertahan. Jika kita tidak menghentikan Putin, yang mengancam akan memulai perang nuklir, tidak akan ada tempat aman di dunia bagi kita semua."


Lebih lanjut, Zelenska mengungkapkan bahwa ia dan suaminya telah memohon kepada NATO untuk menutup wilayah udara Ukraina, namun banyak pemimpin yang khawatir hal tersebut akan memicu Perang Dunia III. Meski demikian, hal ini tampaknya tak menyurutkan semangat Zelenska untuk membela kasus krisis kemanusiaan di negaranya.

"Di kota-kota di mana penembakan terus berlanjut, di mana orang-orang menemukan diri mereka di bawah puing-puing, tidak dapat keluar dari ruang bawah tanah selama berhari-hari, kami membutuhkan koridor yang aman untuk bantuan kemanusiaan dan evakuasi warga sipil ke tempat yang aman," lanjut Zelenska.

"Kami membutuhkan mereka yang berkuasa untuk menutup langit kami! Tutup langit, dan kami akan mengatur perang di darat sendiri," imbuhnya.

Sementara itu, hingga saat ini, beredar banyak potret yang terlihat di media menggambarkan keputusasaan dari Ukraina menghadapi invasi Rusia. Namun Zelenska menegaskan bahwa ia tahu semangat dan tekad orang Ukraina lebih besar dari apa yang dibayangkan Putin.

Zelenska pun optimis bahwa Ukraina bisa menang melawan Rusia lantaran memiliki kebersamaan yang solid. "Persatuan menuju cinta untuk Ukraina. Kemuliaan bagi Ukraina!" tandas Zelenska.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru