Sempat Diblokir, Twitter Kini luncurkan Versi Situs Untuk Lewati Pengawasan dan Sensor Rusia
Pexels/Brett Jordan
Dunia

Sebelumnya, platform media sosial, di antaranya Twitter diblokir oleh Rusia lantaran dinilai menayangkan berita invasi kritis. Kini Twitter meluncurkan inovasi baru yang bisa menembus pengamanan Rusia.

WowKeren - Baru-baru ini, Twitter diketahui meluncurkan versi situsnya yang dilindungi privasi untuk melewati pengawasan dan sensor setelah Rusia membatasi akses ke layanannya di negara tersebut.

Sebelumnya, Rusia telah memblokir akses ke Facebook, dan membatasi Twitter. Hal ini dilakukan Rusia dalam upaya untuk mencoba membatasi aliran informasi tentang perangnya di Ukraina.

Kedua perusahaan media sosial tersebut mengatakan bahwa saat ini pihaknya berupaya untuk memulihkan akses ke orang-orang di dalam Rusia, bahkan ketika mereka membatasi media pemerintah negara dari layanan mereka.

Twiter versi situs yang baru saja dirilis itu dikenal sebagai layanan "bawang", sehingga pengguna dapat mengakses versi Twitter itu jika masyarakat mengunduh browser Tor, yang memungkinkan orang untuk mengakses situs yang juga disebut sebagai "web terlarang". Alih-alih .com, situs bawang ini memiliki akhiran .onion.


Meski demikian, melalui situs biasa yang berakhiran .com, termasuk Twitter.com, juga bisa diakses melalui Tor, namun versi .onion itu dibuat khusus untuk Tor dan mencegah situs tersebut dipalsukan oleh "aktor" jahat. Sementara untuk istilah "web terlarang" sendiri berkonotasi dengan situs ilegal seperti pasar obay Silk Road yang sekarang sudah tidak berfungsi.

Selain itu, istilah tersebut juga sering digunakan oleh orang-orang yang ingin tetap anonim demi keselamatan mereka dan juga untuk mengakses situs yang disensor oleh pemerintah yang represif. Selain Twitter, Facebook dan situs lain seperti BBC juga diketahui memiliki versi yang dapat diakses melalui Tor.

Versi situs Twitter tersebut disebut telah bekerja untuk beberapa waktu, sejak sebelum invasi Rusia. Hal ini telah dikonfirmasi oleh pihak perusahaan pada Rabu (9/3).

Di sisi lain, Insinyur perangkat lunak dan pakar keamanan internet Alec Muffett, yang telah bekerja dengan perusahaan lain untuk membuat situs bawang, mengumumkan bahwa layanan baru di Twitter melalui akun pribadinya. "Ini mungkin tweet paling penting dan paling ditunggu-tunggu yang pernah saya buat," tulisnya dalam Twitter pada Selasa (8/3).

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait