Jurnalis Lagi-lagi Jadi Korban Serangan Rusia, 2 Wartawan Fox News Dilaporkan Tewas
Dunia

CEO Fox News Media Suzanne Scott mengumumkan kematian Zakrzewski pada hari Selasa (15/3) dan menyebut bahwa Zakrzewski telah berkontribusi sebagai fotografer zona perang.

WowKeren - Seorang kameramen Fox News Pierre Zakrzewski dilaporkan tewas saat meliput invasi Rusia yang sedang berlangsung di luar Kyiv, Ukraina. Reporter Bret Baier mengatakan jika serangan itu turut menewaskan jurnalis Oleksandra "Sasha" Kuvshynova.

"Mereka bekerja dengan koresponden Benjamin Hall di luar Kyiv, ketika api menghantam kendaraan mereka," kata Baier melansir Fox News. Benjamin terluka, dan berada di rumah sakit, Pierre dan Sasha tidak selamat."

Menteri pertahanan Ukraina pada Selasa (12/3) juga mengumumkan peristiwa itu. Fox News melaporkan jika ketiga orang itu sedang bepergian dengan mobil pada hari Senin (14/3) ketika api menyerang mereka di kota Horenka, di luar Kyiv.

CEO Fox News Media Suzanne Scott mengumumkan kematian Zakrzewski pada hari Selasa (15/3). Ia menyebut bahwa Zakrzewski telah berkontribusi sebagai fotografer zona perang di Irak hingga Afghanistan.


"Pierre adalah seorang fotografer zona perang yang meliput hampir setiap cerita internasional untuk Fox News, dari Irak hingga Afghanistan hingga Suriah selama masa jabatannya yang panjang bersama kami," katanya. "Semangat dan bakatnya sebagai jurnalis tidak tertandingi."

Dia mengatakan Zakrzewski telah bekerja di Ukraina sejak Februari, bertepatan dengan invasi Rusia. Selain sebagai fotografer, ia telah berkontribusi sebagai editor hingga produser. "Dan dia melakukan semuanya di bawah tekanan besar, dengan keterampilan luar biasa, " kata Scott.

"Melaporkan perang ini adalah bentuk layanan publik yang vital, dan telah merenggut nyawa setidaknya dua jurnalis lain hanya dalam beberapa minggu," kata koordinator program Komite untuk Melindungi Jurnalis Eropa dan Asia Tengah Gulnoza Said. "Pihak berwenang Ukraina dan Rusia harus melakukan yang terbaik untuk memastikan keselamatan semua jurnalis."

Sementara itu, Sasha baru berusia 24 tahun dan bekerja sebagai konsultan, membantu kru menavigasi Kyiv dan daerah sekitarnya sambil mengumpulkan informasi dan berbicara dengan sumber. Kematian Zakrzewski dan Kuvshynova terjadi satu hari setelah jurnalis video Amerika dan pembuat film dokumenter Brent Renaud terbunuh di Ukraina.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait