Seluruh Penumpang dan Awak Pesawat Dilaporkan Tewas Akibat Kecelakaan China Eastern
pixabay.com/Ilustrasi/ThePixelman
Dunia

Laporan mengatakan drone dan pencarian manual akan digunakan untuk mencoba menemukan kotak hitam yang menyimpan data penerbangan yang penting untuk investigasi kecelakaan.

WowKeren - Pesawat China Eastern yang membawa 132 orang dilaporkan jatuh di daerah pegunungan di pedesaan dekat kota Wuzhou di wilayah Guangxi, Tiongkok, pada Senin (21/3). Tidak ada korban yang ditemukan saat pencarian berlanjut pada Selasa dari puing-puing pesawat.

Hal itu sebagaimana dilaporkan oleh jaringan televisi nasional Tiongkok CCTV pada Selasa (22/3). "Puing-puing pesawat ditemukan di tempat kejadian, tetapi sampai sekarang, tidak ada satu pun dari mereka yang kehilangan kontak telah ditemukan," kata penyiar negara CCTV lebih dari 18 jam setelah kecelakaan itu.

Boeing 737-800 jatuh di dekat kota Wuzhou di wilayah Guangxi saat terbang dari Kunming di provinsi barat daya Yunnan ke pusat industri Guangzhou di sepanjang pantai timur. Kecelakaan itu memicu api yang cukup besar. Kantor berita Xinhua mengatakan jika kecelakaan itu menyebabkan lubang yang dalam di lereng gunung.


Laporan itu mengatakan drone dan pencarian manual akan digunakan untuk mencoba menemukan kotak hitam. Kotak hitam itu menyimpan data penerbangan dan perekam suara kokpit yang penting untuk investigasi kecelakaan.

China Eastern Flight 5735 melaju dengan kecepatan 455 knot (523 mph, 842 kph) di sekitar 29.000 kaki ketika memasuki penyelaman yang curam pada pukul 14:20 waktu setempat. Pesawat itu jatuh ke ketinggian 7.400 kaki sebelum kembali ke ketinggian sekitar 1.200, lalu terjun lagi. Pesawat berhenti mengirimkan data 96 detik setelah mulai jatuh.

Administrasi Penerbangan Sipil Tiongkok mengatakan jika pesawat itu membawa 123 penumpang dan sembilan awak. Presiden Xi Jinping menyerukan operasi penyelamatan "habis-habisan", serta penyelidikan atas kecelakaan itu dan untuk memastikan keselamatan penerbangan sipil sepenuhnya.

Buntut dari kecelakaan itu, media pemerintah melaporkan jika semua 737-800 di armada China Eastern diperintahkan untuk dikandangkan. Pakar penerbangan mengatakan tidak biasa untuk mengandangkan seluruh armada pesawat kecuali ada bukti masalah dengan model tersebut. Tiongkok memiliki lebih banyak 737-800 daripada negara lain.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru