Kian Populer, Berikut 7 Manfaat Augmented Reality dan Virtual Reality Di Era Modern
pxhere.com
SerbaSerbi

Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dinilai memiliki manfaat yang cukup besar di era modern saat ini. Berikut 7 manfaat hadirnya teknologi AR dan VR di tengah masyarakat.

WowKeren - Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) kian dipertimbangkan sebagai teknologi yang menjanjikan. Karena itu, teknologi ini dikenal cukup mahal. Tak cuman mahal, AR dan VR ternyata juga memiliki beberapa risiko serius. Lebih detail, WowKeren telah mengulas sejumlah risiko hadirnya AR dan VR di artikel sebelumnya.

Meski dikenal sebagai teknologi mahal, beberapa industri percaya bahwa AR dan VR memiliki banyak manfaat. Pandangan itu didukung oleh entrepreuner yang bergerak dalam bidang perangkat lunak, teknologi dan inovasi digital, Feras Nasser.


"Ini mungkin terlihat seperti teknologi yang mahal untuk diterapkan. Tetapi pada kenyataannya, ini dapat mengurangi biaya, meningkatkan kinerja operasi, dan mencapai laba dan investasi yang lebih tinggi untuk semua proyek bisnis Anda. Teknologi ini juga memiliki banyak manfaat dan keunggulan kompetitif," kata Feras Nasser.

Nah, penasaran kan manfaat lain dari kemunculan teknologi AR dan VR di era modern saat ini? Yuk, simak ulasannya di artikel berikut ini.

(wk/Sisi)

1. Bermanfaat Dalam Industri Medis


Bermanfaat Dalam Industri Medis
pxhere.com

Teknologi AR dan VR dipercaya dapat membantu kinerja tenaga medis. Para ahli dari Fakultas Kedokteran Universitas Leicester membenarkan hal tersebut.

Menurut penelitian, AR dan VR dapat mengurangi risiko kegagalan dalam operasi. Biasanya teknologi ini akan digabungkan dengan sistem MRI atau Sinar-X sehingga mempermudah persepsi sensorik para ahli beda.

"AR dan VR dapat mengurangi risiko operasi dengan memberikan ahli bedah persepsi sensorik yang lebih baik. Teknologi ini dapat dikombinasikan dengan sistem MRI atau sinar-X dan membawa semuanya ke dalam satu layar sehingga mempermudah ahli bedah," bunyi hasil penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Leicester.

2. Teknologi Menjanjikan Untuk Keuntungan Bisnis


Teknologi Menjanjikan Untuk Keuntungan Bisnis
pxhere.com

AR dan VR dipercaya dapat memberi keuntungan signifikan untuk beragam industri bisnis. Perusahaan rintisan bahkan telah membuktikan bahwa teknologi ini memberikan hasil yang menjanjikan. Pandangan itu didukung oleh ahli Web Development yang pernah bekerja untuk Google, CocaCola dan Harvard University, Sidhart Jain.

"Teknologi ini membantu bisnis khususnya perusahaan pengembang aplikasi untuk mencoba eksperimen tanpa henti dan membuat aplikasi seluler yang selaras dengan tren digital saat ini. Terbukti telah memberikan hasil terbaik untuk perusahaan rintisan atau bisnis berkembang," terang Sidhart Jain.

"Pemimpin industri teknologi seperti Microsoft, Apple, dan Google bahkan telah mengakui AR dan VR sebagai teknologi menjanjikan yang terus menghasilkan keuntungan seiring waktu," lanjut Sidhart Jain.

3. Kemudahan Mobilitas


Kemudahan Mobilitas
pxhere.com

Tak cuman menguntungkan bisnis, AR dan VR juga dinilai mempermudah mobilitas di era modern saat ini. Kemudahan mobilitas itu semakin dirasakan di tengah pandemi Covid-19.

Kehadiran AR dan VR membuat sebagian orang tetap bisa berbelanja dan berhubungan dengan pihak lain di tengah terbatasnya akses dunia luar. Hal demikian lagi-lagi disampaikan oleh Sidhart Jain.

"Teknologi canggih seperti AR dan VR membentuk masa depan dengan memberikan kemudahan mobilitas. Melihat betapa sulitnya fase penguncian bagi semua orang, mereka yang memanfaatkan AR dan VR masih dapat berhubungan, berbelanja online, mengadakan pertemuan tatap muka, dan berkeliling dunia dengan teman atau keluarga dari kamar mereka," papar Sidhart Jain.

4. Mempermudah Periklanan dan Pemasaran


Mempermudah Periklanan dan Pemasaran
pxhere.com

Lebih menariknya, AR dan VR dianggap dapat mempermudah periklanan dan pemasaran. Teknologi AR dan VR disebut dapat meningkatkan minat konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.

Sederhananya, AR dan VR dapat meningkatkan kualitas promosi suatu perusahaan. Anggapan itu dibenarkan oleh Content Strategy & Solutions Yahoo, Andrew Snyder.

"Penggunaan AR dan VR secara kreatif dapat meningkatkan hubungan konsumen dan kecenderungan untuk membeli produk. Teknologi ini memberikan kesempatan untuk mengesankan konsumen dan saingan yang belum melakukan hal seperti itu. Singkatnya, perusahaan memanfaatkan AR dan VR untuk meningkatkan produk dan layanan promosi mereka," jelas Andrew Snyder.

5. Menciptkan Dunia Pendidikan Yang Lebih Inovatif


Menciptkan Dunia Pendidikan Yang Lebih Inovatif
pxhere.com

AR dan VR digunakan untuk mendukung proses belajar-mengajar secara virtual. Teknologi ini akan memberikan pengalaman belajar yang baru untuk para siswanya.

Tentunya, fitur-fitur yang ada dalam AR dan VR mendukung skema pembelajaran yang lebih interaktif dan inovatif sehingga siswa semakin antusias. Hal itu sesuai dengan penelitian yang diterbitkan Journal of Advanced Research in Computer Engineering & Technology (IJARCET).

"Sektor pendidikan memanfaatkan AR dan VR untuk mengatur perjalanan virtual bagi siswa dan berlomba menciptakan pengalaman belajar terbaik bagi siswanya. AR dan VR tidak hanya memberikan pengalaman belajar interaktif, tetapi juga memberikan kesempatan untuk mengimplementasikan berbagai hal secara real time saat belajar," bunyi penelitian IJARCET.

6. Memperkaya Keterampilan Sosial


Memperkaya Keterampilan Sosial
pxhere.com

AR dan VR dinilai dapat meningkatkan keterampilan penggunanya dalam berbagai bidang. Teknologi canggih ini juga disebut sangat bermanfaat untuk penyandang ASD (autism spectrum disorder) dalam berinteraksi sosial. Hal itu dibenarkan oleh para peneliti yang tergabung dalam Virtual Reality Opportunities to Integrate Social Skills (VOISS) dari Universitas of Kansas.

"AR dan VR dapat membantu Anda semakin terampil dengan bantuan fitur-fitur keren dan penawaran pengalaman pengguna yang menarik. AR dan VR juga menghapus hambatan bahasa dengan alat terjemahan bahasanya yang membantu komunikasi lancar," hasil penelitian VOISS.

"Penting juga bagi penyandang ASD (autism spectrum disorder). Seringkali ASD mengalami kesulitan berinteraksi sosial. Kunci untuk mengatasinya adalah melalui latihan yang dibantu oleh AR dan VR," keterangan lanjutan VOISS.

7. Dunia Hiburan Tanpa Batas


Dunia Hiburan Tanpa Batas
pxhere.com

Dunia hiburan semakin inovatif dan kreatif sejak kehadiran teknologi AR dan VR. Spesialis pengembangan bisnis IT, Victoria Puzhevich membenarkan bahwa AR dan VR menyumbang manfaat besar dalam industri hiburan.

Bukti nyata keberhasilan AR adalah lahirnya Pokemon Go sebagai permainan yang diminati banyak orang. Menurut Victoria, kini AR dan VR juga dimanfaatkan dalam bioskop XD, teater bahkan konser musik.

"Teknologi AR dan VR membawa manfaat besar dalam industri hiburan. Contoh paling nyata dari penggunaan AR dan VR dalam industri hiburan adalah film dan bioskop XD. Penggunaannya juga semakin meluas ke game online, teater, hingga konser musik," kata Victoria Puzhevich.

Nah, menarik kan artikel WowKeren mengenai teknologi AR dan VR? Semoga penjelasan tentang AR dan VR dapat memperluas wawasan sobat WowKeren ya. Sampai jumpa di artikel menarik selanjutnya ya! See you.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait