Sejarah Internet Explorer
Pexels/Pixabay
Tekno

Dalam artikel kali ini, WowKeren akan menghadirkan kilas balik perjalanan Internet Explorer yang harus berhenti beroperasi di usia 27 tahun. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Pada awalnya, Microsoft membeli lisensi dan menggunakan kode pemrogaman yang bersumber dari browser buatan perusahaan lain yang bernama Mosaic. Dari sini, Microsoft akhirnya mengembangkan teknologi baru untuk membuat browser-nya sendiri yang kemudian disebut dengan Internet Explorer.

Internet Explorer yang memulai debutnya pada 16 Agustus 1995, diperkenalkan ke publik dalam waktu satu bulan setelah Microsoft merilis sistem operasi Windows 95. Kala itu Internet Explorer digunakan sebagai paket tambahan untuk mengakses layanan internet di Windows 95.

Karena akses layanan internet mulai berkembang di tahun 1990-an, Internet Explorer akhirnya menjadi "tiket emas" bagi Microsoft untuk merambah pasar industri web internet. Kendati demikian, Microsoft tak langsung bisa menggeser posisi Netscape yang memiliki browser andalan bernama Netscape Navigator. Saat itu, Netscape menguasai lebih dari 50 persen pasar aplikasi browser hingga tahun 1997.

Demi mengalahkan Netscape, Microsoft memutuskan untuk mengintegrasikan Internet Explorer secara langsung di Windows, bersamaan dengan perilisan Internet Explorer versi 3.0. Langkah yang dimulai pada tahun 1996 ini sempat menuai cercaan dari sejumlah pihak karena Microsoft dianggap memonopoli perdagangan.

Kendati demikian, isu tersebut tak membuat Microsoft menyerah begitu saja. Mereka tetap pada tujuannya hingga berhasil menyingkirkan Netscape dari pasar industri web internet.

Internet Explorer mulai digunakan secara luas pada tahun 1999 dan dia dengan cepat menjadi browser andalan. Selain itu, Microsoft disebut telah menghabiskan dana hingga 100 juta dolar (sekitar Rp1,5 triliun) per tahun untuk mengembangkan Internet Explorer pada tahun 1990-an, dengan total seribu orang yang bekerja di dalamnya.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru