Jutaan Pengguna Kesulitan Akses PayPal, Steam dan Epic Games, Diblokir Kominfo?
Tekno

PayPal, Steam dan Epic Games tengah menjadi trending topic lantaran banyaknya masyarakat yang mengeluhkan keputusan Kominfo memblokir ketiga PSE tersebut.

WowKeren - Jagat dunia maya belakangan dihebohkan dengan jutaan pengguna PayPal, Steam dan Epic Games yang kesulitan mengakses aplikasi tersebut. Mereka pun beramai-ramai mengeluh di media sosial. Saking banyaknya protes, PayPal, Steam dan Epic Games sampai menjadi trending topik di Twitter.

PayPal diketahui merupakan perusahaan penyedia jasa yang memfasilitasi pembayaran antar pihak melalui transfer online. Dugaan sementara menyebut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah memblokir akses ketiga aplikasi tersebut.

Seperti yang diketahui Kominfo telah mengumumkan bahwa perusahaan digital wajib mendaftarkan diri sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) lingkup privat. Batas akhir pendaftaran ditetapkan hingga 20 Juli 2022. Bila tidak, Kominfo terpaksa akan memblokir perusahaan digital tersebut dari Indonesia.

Akibat dari pemblokiran ini, banyak masyarakat yang mengeluhkan nasib uang mereka. Tak sedikit yang mengaku masih menyimpan sejumlah uang mereka di PayPal. Banyak freelance dan konten creator mengaku bergantung dengan PayPal sehingga mereka kesulitan menerima gaji atau kiriman uang dari perusahan tempat mereka bekerja.


"Layanan internet harusnya gaboleh dipegang sama kominfo lagi selama yang masih duduk disana para boomer tol** asal blok gajelas. Akses buat main game lewat steam, epic, dll aja di blokir masa paypal juga ikutan, banyak loh yang nyari duit lewat paypal. #BlokirKominfo," tegur salah seorang pengguna Twitter. "Gws bgt paypal gue gabisa dibuka pdhl ada banyak di situ blm gue wd nangis bgttt," tulis netizen lain.

"Hari pertama gajian freelance via paypal tapi kudu disuruh sabar, baik lah," keluh yang lain. "Baru nyadar paypal juga diiblokir. trs ini uang yang di paypal gimana anjir," kata yang lain.

Terkait ramainya keluhan masyarakat, pihak Kominfo membenarkan bahwa mereka telah memblokir PayPal, Steam dan Epic Games dari Indonesia. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kementerian Kominfo Samuel Abrijani Pangerapan.

Samuel mengungkap bahwa PayPal, Steam, dan Epic Games adalah tiga dari delapan PSE yang sudah diblokir oleh Kominfo. Kedelapannya diketahui adalah Steam, Dota, Counter-Strike, Epic Games, Origin.com, Xandr.com dan PayPal.

"Iya (Steam termasuk yang sudah diblokir). Ada delapan PSE," ujar Samuel saat dihubungi DetikINET.

(wk/Sisi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel