Anies Baswedan Dipanggil KPK Pada 7 September 2022, Terkait Dugaan Korupsi Formula E
Instagram/aniesbaswedan
Nasional

Gelaran Formula E yang berlangsung di Ancol pada Juni lalu telah berjalan dengan baik. Namun rupanya kasus dugaan korupsi terkait Formula E masih berjalan dan kini KPK memanggil Gubernur DKI Jakarta.

WowKeren - Gelaran balap mobil listrik internasional Formula E di Jakarta telah berlangsung pada Juni 2022 lalu. Akan tetapi, sebelum akhirnya berhasil di gelar, Formula E diduga ada indikasi korupsi.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebelumnya pun telah memulai pendalaman terkait dugaan korupsi dalam penyelenggaraan Formula E. Kini KPK pun memanggil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Anies mengaku bahwa ia dipanggil oleh KPK pada Rabu (7/9) besok. Adapun pemanggilan ini bertujuan untuk meminta keterangan dari Anies terkait dugaan korupsi Formula E oleh PT. Jakarta Propertindo (Jakpro).

"Iya betul, saya menerima surat pemanggilan untuk dimintai keterangan oleh KPK pada hari Rabu, tanggal 7 September pagi," ujar Anies saat menghadiri seremoni penurunan mandiri kabel udara oleh Penyedia Jaringan Utilitas dalam Sarana Jaringan Uktitas Terpadu di Mampang Praparat, Jakarta Selatan, Senin (5/9).


Anies lantas mengatakan bahwa ia akan datang dan membantu untuk menjelaskan seluruhnya mengenai permasalahan dugaan korupsi di ajang balap mobil listrik tersebut. Menurutnya, hal ini perlu dilakukannya agar bisa membuat semua permasalahan menjadi lebih terang.

Meski begitu, Anies mengatakan bahwa kapasitasnya bukan lah sebagai saksi, melainkan hanya akan memberikan keterangan di lembaga antirasuah. "Hanya memberi keterangan, gitu aja, terkait Formula E, enggak ada keterangan, hanya begitu saja," ungkap Anies.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyebut bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah mengeluarkan uang ratusan miliaran rupiah untuk menyelenggarakan Formula E hingga tiga tahun ke depan. Ia mengatakan pembayaran proyek tidak seharusnya melewati masa jabatan pejabat.

Alex lantas menyatakan bahwa KPK saat ini tengah menyelidiki hal tersebut. KPK juga menegaskan bahwa penyelidikan kasus dugaan korupsi ajang balap mobil listrik internasional Formula E oleh Jakpro itu belum dihentikan dan masih berjalan.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait