Birthday Spotlight: Happy Park So Dam Day
Selebriti

SD: Untuk merayakan ulang tahun Park So Dam yang jatuh pada Kamis (8/9) lalu, tim redaksi WowKeren akan mengulas tuntas riwayat hidup dan perjalanan karier bintang drama 'Record of Youth' tersebut.

WowKeren - Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk menemani akhir pekan pembaca setia WowKeren. Untuk merayakan ulang tahun aktris cantik Park So Dam, tim redaksi akan mengulas tuntas riwayat hidup dan perjalanan karier bintang film "Parasite" tersebut.

Pecinta drama dan film Korea pasti sudah tidak asing dengan nama Park So Dam. Aktris kelahiran 1991 ini telah wara-wiri di sejumlah drama dan film populer Korea Selatan. Misalnya seperti drama "Beautiful Mind", "Cinderella and the Four Knights" dan "Record of Youth" serta film "Parasite", "The Silenced", "The Throne" dan masih banyak lagi.

Selama berkarier di dunia entertainment, Park So Dam dikenal sebagai aktris berbakat dan berhati hangat. Karena itulah dia memiliki banyak penggemar baik di Korea Selatan maupun luar negeri. Tak perlu lama-lama lagi, langsung saja yuk intip seperti apa perjalanan karier Park So Dam di industri hiburan Korea Selatan sejak sebelum debut hingga kini!

(wk/eval)

1. Pra Debut


Pra Debut
Instagram/sodam_park_0908

Park So Dam merupakan anak sulung dari tiga bersaudara yang lahir pada 8 September 1991. Dia mulai tertarik pada dunia peran sejak duduk di bangku sekolah menengah, tepatnya setelah dia menonton musikal "Grease". Saat itu Park So Dam berpikir bahwa para aktor musikal begitu bahagia saat tampil dan bernyanyi di atas panggung.

Namun keinginannya untuk terjun ke dunia akting sempat ditentang oleh orangtuanya, yang menganggap industri hiburan sebagai dunia yang rawan. Orangtua Park So Dam akhirnya berubah pikiran usai menyadari bahwa akting adalah kegiatan yang bisa membuat anaknya bahagia.

Oleh sebab itu, Park So Dam akhirnya dikuliahkan di Korea National University of Arts. Di sini, dia mengasah keterampilan aktingnya dan secara perlahan mewujudkan mimpinya jadi seorang aktris.

2. Debut


Debut
Instagram/sodam_park_0908

Perjalanan karier Park So Dam tidak begitu mulus. Saat meniti karier di industri hiburan, dia pergi ke hampir setiap audisi yang bisa diikuti oleh aktor pemula. Dalam sebulan dia bisa mengikuti 17 audisi namun selalu ditolak, dan hal itu berlangsung selama dua setengah tahun.

Kesabaran dan perjuangan Park So Dam akhirnya membuahkan hasil sebab dia akhirnya dipercaya tampil di film indie. Pada tahun 2013, dia membintangi film "The Legacy" sebagai salah satu pemain pendukung.

Selain "The Legacy", Park So Dam juga membintangi dua film lain di tahun 2013. Itu adalah film "Ingtoogi: The Battle of Internet Trolls" dan "Steel Cold Winter". Sejak saat itu kemampuan aktingnya semakin diperhitungkan, dan dia selalu membintangi film baru setiap tahunnya.

3. Puncak Karier


Puncak Karier
CJ Entertainment

Tampaknya ada dua periode yang menjadi puncak karier dalam kehidupan Park So Dam yakni tahun tahun 2016 dan 2019. Di tahun-tahun itu, nama Park So Dam menjadi sangat melejit baik di Korea Selatan maupun luar negeri.

Pada tahun 2016, Park So Dam membintangi drama "Cinderella and the Four Knights" bersama aktor tampan Jung Il Woo, Ahn Jae Hyun hingga Lee Jung Shin. Drama ini menjadi sangat populer berkat jajaran pemeran serta alur ceritanya yang menarik, sehingga nama Park So Dam turut menjadi perhatian luas.

Di tahun itu pula, Park So Dam membintangi film "The Priests" bersama Kang Dong Won hingga Kim Yun Seok. Park So Dam menunjukkan akting yang luar biasa hingga diganjar dengan penghargaan Best New Actress di BaekSang Arts Awards 2016 dan Best Supporting Actress di Blue Dragon Film Awards 2016.

Pada tahun 2019, Park So Dam membintangi film "Parasite" yang akhirnya menjadi hit besar di seluruh dunia. Kesuksesan film itu otomatis membuat nama Park So Dam meroket. Dia juga sering diundang di acara bergengsi kelas dunia bersama pemeran "Parasite" yang lain.

4. Kehidupan Asmara


Kehidupan Asmara
Instagram/sodam_park_0908

Seperti artis Korea pada umumnya, Park So Dam juga sangat tertutup soal kehidupan asmaranya. Hingga saat ini dia belum pernah mengkonfirmasi hubungan asmaranya ke publik.

Kendati demikian, Park So Dam pernah membahas tentang cinta pertamanya saat muncul di acara "Camping Vibes". Park So Dam bercerita bahwa dia jatuh cinta untuk pertama kalinya saat kelas 2 SMP. Mereka saling menyukai dan berpacaran, namun putus tak lama setelahnya.

Park So Dam bercerita, "Saat itu, dia berusaha untuk melanjutkan pendidikan ke sekolah bahasa asing. Jadi dia bilang padaku kalau dia perlu belajar dengan giat untuk masuk ke SMA bahasa asing. Namun, akhirnya dia tidak masuk ke SMA bahasa asing."

Park So Dam sangat menderita setelah diputuskan oleh pacarnya dan dia berulang kali meminta balikan selama dua tahun lamanya. Dia menuturkan, "Saat mengingatnya sekarang, aku tidak percaya aku seperti itu. Tapi saat itu, aku menghabiskan begitu banyak waktu di kamar dan mendengarkan 'If You Come Back' dari Gummy."

"Selama dua tahun, aku berpikir bahwa jika tidak memilikinya, tidak akan pernah ada pria lain untukku lagi, karena aku sangat menyukainya. Jadi aku selalu menangis sendirian di kamar sambil mendengarkan lagu-lagu sedih saat SMP dan SMA," pungkasnya.

5. Kontroversi


Kontroversi

Park So Dam dikenal sebagai salah satu aktris dengan citra bersih. Namun dia pernah terlibat kontroversi pada tahun 2016 hingga meminta mediasi konflik dari Asosiasi Manajemen Hiburan.

Pada Mei 2016, sebuah kontroversi muncul usai Park So Dam dikonfirmasi jadi pemain drama KBS "Beautiful Mind". Dalam waktu yang sama, dia sedang syuting drama pra-produksi "Cinderella and the Four Knights". Syuting seharusnya selesai pada bulan April, namun diundur hingga Mei.

Perwakilan Park So Dam kemudian mengatakan bahwa dia dijadwalkan syuting "Beautiful Mind" pada bulan Juni. Akibatnya, muncul kekhawatiran bahwa dua drama tersebut akan tumpang tindih dengan jadwal siaran.

Seorang perwakilan "Cinderella and the Four Knights" bahkan terang-terangan mengkritik keputusan Park So Dam. Mereka berkata, "Park So Dam memutuskan untuk tampil di 'Beautiful Mind' tanpa diskusi apapun."

"Dia adalah karakter utama 'Cinderella and the Four Knights'. Tapi jika drama lain ditayangkan lebih dulu, penyiar publik mana yang akan setuju untuk menyiarkan 'Cinderella and the Four Knights'? Seorang aktris tidak dapat tampil sebagai pemeran utama wanita dalam dua drama pada saat bersamaan," imbuh mereka.

Selain itu, Park So Dam juga tidak hadir dalam pembacaan naskah dan syuting teaser "Beautiful Mind". Untuk ini, seorang perwakilan KBS berkata, "Sayangnya, pemeran utama wanita tidak dapat hadir. Namun kami akan melanjutkan syuting sesuai rencana."

Meski cukup pelik, konflik itu akhirnya berakhir dengan baik. "Beautiful Mind" tayang lebih dulu pada bulan Juni-Agustus 2016, sedangkan "Cinderella and the Four Knights" akhirnya tayang di tvN pada Agustus-Oktober 2016.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
Instagram/sodam_park_0908

Park So Dam akan membintangi film baru berjudul "Phantom" bersama sejumlah aktor ternama seperti Sol Kyung Gyu, Honey Lee, Park Hae Soo hingga Kim Dong Hee. Film ini mengambil latar tahun 1933 ketika Korea berada di bawah pendudukan Jepang.

Saat itu ada lima orang di Gyeongseong yang dicurigai sebagai mata-mata "Phantom" dari organisasi anti-Jepang. Salah satu orang itu adalah Yuriko yang diperankan oleh Park So Dam.

Setelah ditangkap, kelima orang tersebut dikurung di sebuah hotel terpencil. Masing-masing dari mereka berusaha untuk membuktikan bahwa mereka bukan mata-mata Phantom, dan mereka berjuang sekuat tenaga untuk melarikan diri dari penjara.

Film ini awalnya akan dirilis pada tahun 2021, namun mengalami penundaan hingga saat ini. Bagi kalian yang ingin mengetahui update beritanya, pastikan untuk selalu memantau beritanya di WowKeren ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru