Park So Dam Kehilangan Suaranya Selama 8 Bulan Efek Kanker Tiroid
iMBC
Selebriti

So Dam menjadi tamu di acara YouTube 'Everyday Is Thursday' yang dipandu oleh Jo Hyunah. Di sini, aktris tersebut berbagi pengalamannya selama menderita kanker tiroid papiler.

WowKeren - Park So Dam merupakan penyintas kanker yang kini berkesempatan untuk membagikan pengalamannya dalam berjuang melawan penyakit tersebut. Sang aktris baru-baru ini mengungkapkan bahwa suaranya hilang selama 8 bulan akibat kanker tiroid papiler yang pernah dideritanya.

So Dam dan Seo In Guk tampil sebagai tamu di acara YouTube "Everyday Is Thursday" yang dipandu oleh Jo Hyunah. Dalam video yang dirilis pada Senin (11/12), So Dam berbagi pengalamannya selama menderita kanker tiroid papiler.

So Dam mengungkapkan bahwa dirinya sempat kehilangan suara selama 8 bulan akibat kanker yang dideritanya. "Butuh waktu sekitar 8 bulan sampai suaraku kembali. Aku sudah mencoba untuk pulih dan menjadi lebih baik sebelum itu," ujarnya.

Hyunah sempat menyarankan agar mereka syuting konten tersebut tanpa mengonsumsi minuman beralkohol. Saran ini dilontarkan dengan mempertimbangkan So Dam yang pernah berjuang melawan kanker tiroid papiler.

"Apa (kamu menyarankan) itu karena aku? Aku bisa minum. Sudah lama sejak aku melakukan operasi, dan lebih baik menunjukkan kepada orang-orang bahwa aku sehat," kata So Dam.


Aktris kelahiran 1991 tersebut menambahkan, "Aku pikir aku harus berhati-hati karena ada orang yang mengalami sakit yang sama denganku, tapi dokter mengatakan tidak apa-apa untuk minum. Aku hanya memutuskan untuk tidak minum alkohol."

So Dam melanjutkan bahwa dirinya sempat tidak merasa baik-baik saja untuk beberapa waktu. "Tapi aku rasa aku telah berusaha menunjukkan pada diri sendiri bahwa aku baik-baik saja,” kata bintang "Record of Youth" itu.

"Aku dengar banyak orang di sekitarku mengatakan bahwa aku terlihat nyaman akhir-akhir ini. Aku baik-baik saja. Aku bisa minum bir, dan kesehatan serta kondisi mentalku sudah cukup membaik sehingga aku bisa dengan yakin mengatakan bahwa semuanya menjadi lebih baik," tambahnya.

So Dam mengingat kembali perasaannya segera setelah operasi. "Aku telah melakukan banyak hal yang belum aku lakukan. Aku berpikir, 'Aku benar-benar perlu menjalani kehidupan yang lebih baik sekarang. Aku perlu lebih bersenang-senang,'" ujarnya.

Simak acara "Everyday Is Thursday" yang menampilkan So Dam di sini.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait